Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Orang Terkaya di Dunia, Berapa Pajak yang Harus Dibayar Elon Musk?

Kompas.com - 20/12/2021, 15:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk mengumumkan jumlah pajak yang harus dibayarnya melalui akun Twitter pribadinya. Musk mengaku jumlahnya mencapai belasan miliar Dollar Amerika Serikat (AS).

Dalam cuitannya hari Senin (20/12/2021), Elon Musk menyebut akan membayar pajak dengan nilai 11 miliar Dollar AS tahun ini, atau setara dengan Rp 158,2 triliun.

"Bagi mereka yang bertanya-tanya, saya akan membayar pajak lebih dari 11 miliar Dollar AS tahun ini," tulis Elon Musk.

Baca juga: Elon Musk: Tesla Akan Terima Pembayaran Sejumlah Barang dengan Dogecoin

Pekan lalu, Senator AS dari Partai Demokrat, Elizabeth Warren, melalui Twitter meminta Elon Musk untuk taat membayar pajak. Cuitan itu direspons Elon Musk dengan berkata bahwa dia akan membayar pajak lebih banyak dari orang AS lainnya.

"Saya akan membayar lebih banyak pajak daripada orang Amerika mana pun dalam sejarah tahun ini," ungkap Elon Musk.

Elon Musk saat ini tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Perusahaannya, Tesla, ditaksir bernilai sekitar 1 triliun Dollar AS. Selama beberapa minggu terakhir, Musk telah menjual saham Tesla senilai hampir 14 miliar Dollar AS.

Baca juga: Elon Musk Kembali Jual Saham Tesla Rp 17,04 Triliun

Laporan Forbes Real Time Billionaires (4/12), mengungkap bahwa kekayaan Elon Musk sempat tergerus 5,72 persen atau setara 16,2 miliar Dollar AS dari 266,8 miliar Dollar AS.

Di bawah Elon Musk, berturut-turut ada mantan bos Amazon Jeff Bezos, Bernard Aranult & family, founder Microsoft Bill Gates, serta pebisnis Larry Ellison.

Harta kekayaan orang terkaya di dunia saat ini rata-rata menyusut didorong oleh penurunan nilai saham di tengah kekhawatiran atas munculnya virus corona varian Omicron. (Prihastomo Wahyu Widodo)

Baca juga: Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 71 Triliun untuk Bayar Pajak

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Segini Jumlah Pajak yang Harus Dibayar Elon Musk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com