Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda ingin Berbisnis? Ini Tipsnya

Kompas.com - 20/12/2021, 17:00 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak bisnis adalah cita-cita banyak orang, khususnya anak muda. Sayangnya untuk berani memulai melangkah membuka bisnis menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan.

Founder ACK Fried Chicken I Made Artana mengatakan, salah satu tips yang bisa dilakukan anak muda ketika memang ingin berbisnis adalah harus memiliki tekad yang kuat, serta konsisten menjalani bisnis dan tidak takut untuk memulai.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Impor? Berikut 5 Langkah yang Mesti Dipersiapkan Pelaku Usaha

"Intinya harus ada dalam hati, pikiran bawah sadar, dan mimpi kalau kita bertekad untuk berbisnis. Kalau hanya sekadar berkeinginan saja, yah itu sama saja. Yang diperlukan itu adalah tekad untuk memulai," ujar I Made dalam webinar ShopeePay secara virtual, Senin (20/12/2021).

I Made yang saat ini sudah memiliki ratusan outlet ayam goreng yang diberi nama ACK Fried Chicken mengakui, memang modal dana dibutuhkan untuk membuka bisnis.

Namun hal yang tak kalah penting adalah memiliki dasar keinginan yang kuat serta mau bekerja keras.

Baca juga: 10 Perusahaan Raksasa yang Merintis Bisnis dari Garasi

Ketika calon pebisnis benar-benar sudah memiliki tekad yang kuat, kondisi dan tantangan apapun yang terjadi di depan, akan bisa dihadapi.

"Misal, dia ingin berbisnis tapi modal dikit, itu karena dia punya tekad yang kuat untuk berani melangkah pasti melakukan berbagai cara agar mendapatkan modal. Bisa minjam dari perbankan, ngebon, atau apapun pasti dapat modal," kata I Made.

"Buka bisnis kan nyari uang. Makanya modal dasarnya adalah keinginan dan tekad yang kuat untuk memulai. Kalau bisnis hanya sekadar difikirkan pasti tidak mendapatkan keberhasilan karena enggak dimulai," sambung I Made.

Baca juga: Ini Kunci Bisnis Franchise Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com