Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Kompas.com - 20/12/2021, 17:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah memberikan ultimatum agar setiap kartu ATM dan Debet berbasis magnetic stripes diganti menjadi kartu ATM chip

Hal tersebut diatur dalam Surat Ecdaran BI Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia. Lalu apa perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe?

Mengutip situs Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe tersebut sebagai berikut:

  • Penyimpanan data

Kartu ATM magnetic stripe menyimpan data nomor kartu, tanggal kadaluarsa, nama nasabah, dan lainnya disimpan pada magnetic stripe yaitu garis hitam memanjang di belakang kartu.

Baca juga: Syarat, Cara Daftar, dan Biaya Admin BCA Xpresi

Sedangkan pada kartu ATM chip, data yang disimpan dapat lebih banyak di dalam chip yang memiliki CPU, memori, sistem operasi, aplikasi, dan fungsi kriptografi.

  • Keamanan

Kemudian dari sisi keamanan kartu ATM chip juga memiliki keunggulan karena data yang tersimpan tidak dapat digandakan. Berbeda dengan kartu ATM magnetic stripe yang mana data kartu ATM dapat digandakan.

  • Verifikasi kartu

Terminal dan bank host tidak dapat memastikan keaslian kartu ATM magnetc stripe yang digunakan pada saat transaksi. Sementara pada kartu ATM chip, keaslian kartu dapat dipastikan dengan metode offline CAM dan online CAM.

  • Efisiensi

Satu kartu ATM magnetic stripe hanya dapat menampung satu aplikasi sedangkan satu kartu ATM chip dapat berisi lebih dari satu aplikasi.

Baca juga: Apa Saja Tugas Teller Bank?

Apa perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe?KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Apa perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe?

  • Biaya

Namun, biaya kartu ATM magnetic stripe lebih murah sedangkan biaya harga kartu lebih mahal.

Kemudian jika dilihat dengan kasatmata, Kartu ATM magnetic stripe memiliki pola garis hitam memanjang pada belakang kartu. Garis hitam ini menyimpan data dan akan terbaca ketika digunakan bertrasaksi. Oleh karenanya, jika garis hitam tersebut rusak maka kartu ATM tidak terbaca.

Sementara kartu ATM chip hampir sama dengan kartu perdana ponsel. kartu ATM chip berbentuk ktak kecil, umumnya berwarna emas, dan ada garis-garis di bagian dalamnya. Pada bagian depan kartu ATM chip terdapat chip, biasanya terletak di sisi kiri kartu ATM.

Pergantian kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM chip merupakan kebijakan BI untuk meningkatkan keamanan pada kartu ATM dan kartu debet. Pasalnya, kartu ATM chip dilengkapi dengan keamanan canggih meski biayanya lebih mahal dari kartu ATM magnetic stripe.

Baca juga: Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com