Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Momen yang Tepat untuk Investasi Properti?

Kompas.com - 21/12/2021, 21:25 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa mengatakan, fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DPT) sangat membantu masyarakat yang sedang mencari hunian maupun berinvestasi properti.

Selama masih berlaku, insentif pemerintah ini merupakan kesempatan untuk segera membeli hunian, terutama jelang akhir tahun 2021. Lagipula, kata Darmadi, masa krisis di mana orang merasa khawatir untuk investasi justru menjadi momentum yang tepat untuk membeli properti.

"Investasi properti itu menarik tapi satu risikonya yaitu salah timing. Membeli saat market tinggi itu salah. Saat ini di masa krisis biasanya orang takut beli sesuatu dan kita ambil kesempatan, ini waktu yang tepat sekali," kata dia melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Tips Investasi Properti untuk Pemula

Membeli properti di saat pemerintah memberikan kemudahan juga akan menguntungkan karena pengembang sedang berlomba memberikan aneka diskon dan kemudahan cara bayar. Tidak heran, jika penjualan properti menunjukkan tren positif di saat hampir semua industri tertekan karena pandemi.

Situasi ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah pengembang properti, salah satunya Podomoro City Deli Medan, dengan menggenjot penjualan apartemen premium Tower Empire dan kondominium mewah bernama Tribeca Condominium yang sudah siap huni.

Darmadi menilai apartemen yang dihadirkan berada di kawasan terpadu Podomoro City Deli Medan yang merupakan proyek properti sangat prospektif karena menawarkan konsep one stop living, sehingga membuat penghuni dapat melakukan segala aktivitasnya di dalam satu kawasan yang sama.

Baca juga: Investasi Properti Cocok Dipilih meski Kantong Pas-pasan

"Investasi properti hunian vertikal berpotensi cuan karena menawarkan dua keuntungan melalui capital gain dan yield gain ketika hunian tersebut disewakan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Assistant Vice President Marketing Podomoro City Deli Medan Yenti Lokat mengatakan, sebagai pengembang pihaknya juga turut terbantu akan adanya insentif pemerintah berupa subsidi PPN.

"Kami bersyukur, pemerintah memberikan relaksasi berupa subsidi PPN pembelian hunian. Upaya ini dapat mendorong pemulihan sektor properti akibat pandemi. Insentif terhadap konsumen ini juga dirasakan oleh Podomoro City Deli Medan terutama Empire Tower dan Tribeca Condominium," ungkap Yenti.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Properti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com