Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina International Shipping Pastikan Distribusi BBM dan Elpiji Saat Natal dan Tahun Baru Aman

Kompas.com - 22/12/2021, 14:04 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina International Shipping (PIS), Subholding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero), memastikan distribusi BBM dan elpiji berjalan aman dan lancar di masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"PIS berpartisipasi aktif dalam tim Satgas Nataru yang bertugas mengamankan ketersedian dan distribusi bahan bakar energi di wilayah nusantara," ujar Direktur Operasi PIS Arief Kurnia Risdianto dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Jelang HUT Ke-5, Pertamina International Shipping Bantu Yayasan Tunanetra Tangsel

Ia menjelaskan, kesiapan untuk mengamankan distribusi BBM dan elpiji terus dipantau oleh perusahaan secara berkala.

Mulai dari kesiapan armada, muatan tonase, penyediaan tonase tambahan untuk built up stock di seluruh region, monitoring distribusi, hingga kesehatan dan keselamatan para perwira yang bertugas.

Baca juga: Pertamina NRE Pasang PLTS 127,5 KWp di Gedung Pertamina International Shipping

Arief mengatakan, dalam menyalurkan BBM dan elpiji, perusahaan berkoordinasi dengan Pertamina Patra Niaga (PPN) dan Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai sesama subholding Pertamina dalam rantai pendistribusian energi nasional.

"PIS juga berkoordinasi dengan pihak-pihak seperti Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) untuk memastikan keamanan dan keselamatan para pelaut yang bertugas," kata dia.

Baca juga: Pertamina International Shipping Akuisisi Saham PT Peteka Karya Tirta

Sementara itu, Direktur Utama PIS Erry Widiastono menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga keamanan suplai dan distribusi energi, serta kelancaran operasional yang merupakan bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami siap memastikan pendistribusian energi melalui kapal terlaksana dengan baik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas," ungkap Erry.

Saat ini, sebagai subholding integrated marine logistics Pertamina, PIS mengelola enam terminal strategis untuk penampungan BBM dan elpiji di Indonesia.

Terdiri dari Terminal BBM Pulau Sambu, Integrated Terminal (BBM dan elpiji) Tanjung Uban, Terminal Elpiji Tanjung Sekong, Terminal BBM Kotabaru, Terminal BBM Baubau, dan Terminal Elpiji Tuban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com