Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai dan Minyak Goreng Naik Jelang Nataru, Wamendag: Fluktuasinya Cukup Kondusif

Kompas.com - 23/12/2021, 06:45 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sejumlah bahan pokok di beberapa daerah mulai merangkak naik jelang periode hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Meskipun demikian, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengeklaim, pasokan kebutuhan bahan pokok di berbagai daerah masih terjaga jelang periode Nataru.

"Ketersediaan pasokan untuk semua barang kebutuhan pokok itu cukup, dalam rangka memenuhi kebutuhan Natal dan tahun baru," ujar dia secara virtual, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Ini Persiapan TaniHub Sediakan Stok Kebutuhan Pangan Selama Nataru

Lebih lanjut Jerry mengaku, dirinya telah melakukan tinjauan langsung, serta operasi pasar di banyak pasar yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

"Saya sempat berbincang-bincang langsung dengan pedagang, aman dan tercukupi. Jadi kalau dari sisi stok, suplai, dan ketersediaan, Alhamdulillah aman dan bagus," tuturnya.

Terkait dengan adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok seperti cabai dan minyak goreng, menurutnya hal itu merupakan suatu hal yang wajar dan disebabkan oleh mekanisme pasar.

"Fluktuasinya cukup kondusif, dalam harga yang masih tidak terlalu tinggi," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, harga sejumlah bahan pokok di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, terpantau sudah meningkat pada Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Wamendag Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman Saat Nataru

"Harga sejumlah bahan pokok naik, seperti cabai rawit merah, telur ayam, dan minyak goreng," jelas Kepala Pasar Slipi Subhan saat dikonfirmasi pada Selasa.

Natan (28) pedagang cabai Pasar Slipi mengatakan, kenaikan harga terjadi pada jenis cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai merah.

Harga cabai rawit merah kini naik menjadi Rp 110.000 per kilogram. Natan menyebut, normalnya harga tersebut hanya Rp 40.000.

Untuk cabai merah, harganya kini mencapai Rp 60.000. Naik dua kali lipat bila dibandingkan harga normal Rp 30.000.

Sementara harga cabai rawit hijau naik menjadi Rp 60.000 dari harga normalnya Rp 35.000. Natan menyebut, harga pangan terus naik mendekati Hari Raya Natal.

"Harga naik sejak Desember ini. Ini sudah biasa naik menjelang Natal. Nanti makin mendekati Natal tambah naik. Setiap hari bisa naik Rp 3.000 hingga Rp 5.000," jelas Natan saat ditemui di lapaknya.

Baca juga: Sandiaga Uno Minta Masyarakat Tidak ke Luar Negeri Selama Libur Nataru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com