Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rp 6 Jutaan, Ini Daftar Tarif Karantina 10 Hari di Hotel Bintang Dua ke Atas

Kompas.com - 24/12/2021, 06:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini WNI yang pulang bepergian dari luar negeri terutama untuk berblenja dan pelesir harus melakukan karantina mandiri di hotel selama 10 hari. Banyak warga yang mengeluhkan tarif karantina di hotel mahal. 

Meski banyak yang mengeluhkan tarif hotel karantina, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menepis anggapan mahal tersebut,

Ia menyebut biaya hotel karantina selama 10 hari sama sekali tidak menguntungkan secara bisnis karena jauh di bawah standar tarif yang ada.

Baca juga: Luhut Sentil WNI, Bisa Shopping ke Luar Negeri, Maunya Karantina Gratis di Wisma Atlet, Kami Akan Tindak Orang-orang Ini

Tarif karantina di hotel, mulai Rp 7 juta, sudah termasuk layanan apa saja? 

Menurut Maulana, tarif maksimal karantina mandiri di hotel yang dipatok sekitar Rp 7,2 juta untuk hotel bintang dua dan Rp 21 juta untuk hotel kategori luxury (mewah) merupakan harga paket untuk 10 hari.

"Tidak (menguntungkan), malah lebih murah dan harganya juga tidak dinamis. Ini kan harga paket. Kelihatan mahal karena dari faktor 10 hari itu," katanya dilansir dari Antara, Rabu (22/12/2021).

Maulana menuturkan, selain harga paket untuk 10 hari, biaya hotel karantina yang terlihat fantastis itu juga sudah termasuk makan untuk tiga kali sehari dan laundry (binatu) untuk lima potong pakaian per hari.

Baca juga: Biaya Hotel Karantina Dikeluhkan Mahal, Ini Pengakuan Pengelola Hotel

 

Jabaran tarif

1. Hotel bintang dua (Rp 6,7 juta hingga maksimal Rp 7,2 juta)

Maulana menjabarkan, dengan tarif hotel karantina 10 hari di hotel bintang dua mulai dari Rp 6,7 juta hingga maksimal Rp 7,2 juta. 

  • Tarif kamar hanya dikenakan sekitar Rp 300.000 per malam.
  • Biaya makan yang rata-rata sekitar Rp 250.000 per hari.
  • Laundry Rp 45.000 per hari.
  • Biaya transportasi dari bandara ke hotel serta biaya tenaga kesehatan, keamanan juga dua kali tes PCR dengan total kira-kira Rp 1,3 juta-Rp 1,35 juta per paket.

 

"Kalau tarif biasa kan cuma (tarif) menginap dan sarapan saja. Tidak ada makan siang atau makan malam, laundry. Makanannya pun lengkap, karena berupa paket makanan," katanya.

Baca juga: Dikeluhkan Mahal, Ini Tarif Resmi Hotel Karantina di Jabodetabek

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com