Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Perkirakan The Fed Naikkan Suku Bunga pada Pertengahan 2022

Kompas.com - 24/12/2021, 22:00 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) akan meningkatkan suku bunga kebijakannya di tahun depan.

Seperti diketahui, saat ini The Fed sudah mulai melakukan pengetatan kebijakannya dengan mengurangi penambahan likuiditas (tapering off).

“Kami perkirakan akan dimulai di pertengahan tahun depan. Baru di kuartal III-2021,” tutur Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Webinar ISEI Cabang Jakarta, Jumat (24/12) via video conference.

Peningkatan suku bunga kebijakan The Fed ini nantinya bisa mempengaruhi peningkatan suku bunga surat utang pemerintah AS atau US Treasury.

Perry memperkirakan, peningkatan imbal hasil (yield) US Treasury di tahun depan bisa di antara 50 basis poin (bps) hingga 75 bps. “Atau kemungkinan besarnya di 50 bps,” tambah Perry.

Baca juga: Gubernur BI Nilai Nataru Jadi Ujian RI Dalam Menghadapi Covid-19

Bila US Treasury ini naik, pasti Indonesia harus menyesuaikan. Perry bilang, BI dan pemerintah memperkirakan imbal hasil Surat Berharga Negara (SBN) terkerek di 50 bps.

Selain peningkatan imbal hasil tersebut, peningkatan suku bunga The Fed ini juga bisa menimbulkan ketidakpastian di pasar keuangan yang akhirnya memengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah.

Namun, Perry mengaku siap dengan kuda-kuda bank sentral untuk menjaga pergerakan mata uang Garuda dengan triple intervention, yaitu intervensi di pasar spot, pasar Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), dan pembelian SBN di pasar sekunder.

Selain dengan jurus sakti dari BI tersebut, BI juga meyakini gonjang-ganjing yang dirasakan oleh Indonesia tak akan besar karena Indonesia mencatatkan defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) yang rendah.

Cadangan devisa yang dimiliki Indonesia masih jumbo, serta Indonesia memiliki pengalaman dalam melewati krisis akibat perubahan arah kebijakan moneter The Fed pada satu windu silam.

“Tapi kita tetap waspada, berhati-hati, dan akan selalu memastikan stabilitas eksternal terjaga,” tandasnya. (Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Ini Industri yang Diprediksi Jadi Sumber Ekonomi Baru DKI Jakarta

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: The Fed Akan Naikkan Suku Bunga Kebijakan, BI Siapkan Kuda-Kuda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com