Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Kelangkaan dengan Hukum Permintaan dan Penawaran

Kompas.com - 24/12/2021, 23:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permintaan dan penawaran adalah hubungan antara harga barang dan kesediaan orang untuk memebeli atau menjualnya. Tulisan ini akan jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran barang.

Hukum permintaan dan penawaran adalah teori yang menjelaskan interaksi antara penjual dan pembeli barang. Artinya, teori ini memahami bahwa bentuk penawaran dan permintaan di pasar dapat mempengaruhi harga dan jumlah barang di pasar.

Apa itu permintaan dan penawaran

Mengutip situs Investopedia, teori ini didasarkan pada dua hukum yang terpisah yakni hukum permintaan dan penawaran. Kedua hukum ini saling berkesinambungan untuk menentukan harga dan jumlah barang di pasar.

Secara terpisah, hukum permintaan adalah jika harga mahal maka pembeli akan membeli sedikit barang. Sementara hukum penawaran adalah jika harga lebih tinggi maka penjual akan memasok lebih banyak barang.

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Umumnya, ketika terjadi kelangkaan barang, permintaan akan meningkat, sementara penawaran atau pasokan barang berkurang sehingga harga barang menjadi naik. Sebaliknya, harga barang akan turun ketika pasokan barang banyak atau tidak banyak dicari pembeli.

Ini jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran secara singkat.

Fungsi penawaran dan permintaan ini menggambarkan bagaimana kehidupan manusia sehari-hari dalam ekonomi modern. Oleh karenanya, hukum penawaran dan permintaan ini penting untuk diketahui.

Fungsi permintaan dan penawaran untuk para investor, pengusaha, ekonom, dan pemerintah bisa memahami dan memprediksi kondisi pasar dari teori ekonomi ini.

Misalnya, perusahaan yang meluncurkan produk baru dengan sengaja mencoba menaikkan harga produknya dengan meningkatkan permintaan pembeli melalui iklan.

Baca juga: Pengertian Retribusi dan Contohnya

Pada saat yang sama, perusahaan mencoba untuk lebih meningkatkan harga produk dengan sengaja membatasi jumlah produk yang dijual untuk mengurangi pasokan produk di pasar.

Dalam skenario ini, pasokan produk akan diminimalkan sementara permintaan akan produk dimaksimalkan yang akhirnya menyebabkan harga produk yang lebih tinggi.

Kemudian sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran, untuk memperoleh kemungkinan margin keuntungan tertinggi, perusahaan yang sama ingin memastikan bahwa biaya produksinya serendah mungkin.

Untuk melakukannya, bisa dengan mendapatkan tawaran dari sejumlah besar pemasok, meminta setiap pemasok untuk bersaing satu sama lain untuk memasok harga serendah mungkin untuk pembuatan produk baru.

Baca juga: Pengertian Pajak serta Bedanya dengan Retribusi

 

Dalam skenario itu, pasokan barang sedang ditingkatkan untuk mengurangi biaya pembuatan produk yang akan berimplikasi pada harga produk. Itulah contoh penerapan fungsi permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.

Ilustrasi kurva hukum permintaan dan penawaran.Encyclopedia Britannica Ilustrasi kurva hukum permintaan dan penawaran.

Jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran

Mengutip dari situs thebusinessprofessor.com, kelangkaan adalah dimana pasokan suatu produk dan permintaan yang tinggi akan menyebabkan ketidaksesuaian dalam keseimbangan penawaran dan permintaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com