Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Daerah Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 25/12/2021, 19:14 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia menjadi negara produsen kelapa terbesar di dunia. Penghasil kelapa terbesar di Indonesia tersebar di sejumlah daerah.

Dimana daerah penghasil kelapa? Pulau manakah di Indonesia yang paling banyak menghasilkan kelapa? Dimana penghasil kelapa terbesar di Indonesia?

Itulah pertanyaan yang kerap mencuat di kalangan pembaca terkait pulau penghasil kelapa terbesar di Indonesia, termasuk provinsi penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

Baca juga: Daftar Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia, Indonesia Juaranya

Daerah penghasil kelapa terbanyak adalah Riau. Informasi tersebut dikutip dari Buku Outlook Komoditas Perkebunan Kelapa yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2020.

Dari buku tersebut terungkap, Riau menjadi pusat produksi kelapa dalam dan kelapa hibrida terbesar di Indonesia. Selain Riau, yang juga menjadi daerah penghasil kelapa terbanyak adalah sejumlah provinsi di Sulawesi.

Daerah penghasil kelapa dalam di Indonesia

Secara lebih lengkap, sentra produksi kelapa dalam di Indonesia selama lima tahun terakhir (2016-2020) menyebar di beberapa provinsi sebagai berikut:

  1. Riau
  2. Sulawesi Utara
  3. Jawa Timur
  4. Maluku Utara
  5. Sulawesi Tengah

Provinsi Riau memberikan kontribusi produksi terbesar untuk kelapa dalam di Indonesia sebesar 11,92 persen.

Baca juga: Simak Daftar Negara Penghasil Bawang Putih Terbesar di Dunia

Capaian ini diikuti oleh Sulawesi Utara (9,33 persen), Jawa Timur (9,17 persen), Maluku Utara (7,95 persen) dan Sulawesi Tengah (6,77 persen). Sisanya sebesar 54,86 persen merupakan kontribusi dari provinsi lainnya.

Riau merupakan provinsi dengan produksi terbesar untuk kelapa dalam di Indonesia pada tahun 2018. Kelapa dalam di Provinsi Riau hanya dikuasai oleh perkebunan rakyat, dan tidak ada yang dikuasai oleh perkebunan besar negara dan perkebunan besar swasta.

Sentra utama produksi kelapa dalam di Riau terdapat di 5 kabupaten. Kabupaten dengan produksi kelapa dalam terbanyak adalah Kabupaten Indragiri Hilir dengan kontribusi produksi sebesar 82,46 persen dari total produksi kelapa dalam Provinsi Riau.

Baca juga: Impor Bawang Putih Indonesia Terbesar di Dunia, Terbanyak dari China

Kabupaten penghasil kelapa dalam lainnya adalah Kabupaten Kepulauan Meranti (8,93 persen), Kabupaten Pelalawan (4,74 persen), Kabupaten Bengkalis (1,01 persen), dan Kabupaten Rokan Hilir (1,31 persen). Sedangkan sisanya sebesar 1,54 persen merupakan kontribusi dari kabupaten lainnya.

Pusat produksi kelapa hibrida di Indonesia

Sentra produksi kelapa hibrida di Indonesia selama lima tahun terakhir (2016-2020) didominasi oleh 5 provinsi yaitu:

  1. Riau
  2. Sulawesi Selatan
  3. Sulawesi Tengah
  4. Sulawesi Tenggara
  5. Sulawesi Barat

Provinsi Riau memberikan kontribusi terbesar untuk produksi kelapa hibrida dengan kontribusi sebesar 72,18 persen.

Capaian Riau diikuti oleh Sulawesi Selatan (6,61 persen), Sulawesi Tengah (4,38 persen), Sulawesi Tenggara (3,80 persen) dan Sulawesi Barat (3,59 persen).

Kelima provinsi tersebut memberikan kontribusi 90,55 persen terhadap total produksi kelapa hibrida Indonesia. Sisanya sebesar 9,45 persen merupakan kontribusi dari provinsi lainnya.

Riau memang juga merupakan provinsi sentra produksi terbesar untuk kelapa hibrida. Kelapa hibrida di Provinsi Riau dikuasai oleh perkebunan rakyat dan perkebunan besar swasta.

Baca juga: Daftar Negara Importir Bawang Putih Terbesar Dunia, Indonesia Juaranya

Pada tahun 2018 produksi kelapa hibrida di Riau merupakan kontribusi dari 3 kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Kabupaten Indragiri Hilir memberikan kontribusi terbesar yaitu 98,66 persen terhadap total produksi kelapa hibrida di Riau, diikuti oleh Kabupaten Kuantan Singingi (1,32 persen) dan Kabupaten Indragiri Hulu (0,01 persen).

Itulah informasi mengenai provinsi penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Dengan demikian, Daerah penghasil kelapa terbanyak adalah Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com