Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Perluas Kredit UMKM, Dorong Penyaluran Kreditnya Tumbuh 8-10 Persen pada 2022

Kompas.com - 27/12/2021, 13:20 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk optimis kinerja perseroan dapat tumbuh lebih pesat pada tahun 2022, seiring dengan berlanjutnya tren pemulihan ekonomi nasional.

Bank dengan kode emiten BBRI itu berencana melakukan ekspansi kredit, terutama pada segmen kredit UMKM, pada tahun depan.

Chief Economist BRI Anto Hendranata memproyeksikan, dengan langkah ekspansi itu, penyaluran kredit perseroan mampu tumbuh pada rentang 8 persen hingga 10 persen.

Baca juga: OJK: Bank Asing Harus Ada Kontribusi dalam Penyaluran Kredit UMKM

Angka itu dipasang oleh BRI, seiring dengan sektor UMKM yang mulai terdorong pulih berkat membaiknya daya beli masyarakat sejak tahun ini.

"Demand yang meningkat dan konsumen yang semakin konsumtif sangat mendukung pertumbuhan kredit. Apalagi UMKM yang karakteristiknya unik di mana sektornya cepat terdampak bila mobilitas dibatasi, tapi juga cepat rebound saat mobilitas meningkat," tutur dia, dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Baca juga: BRI Kuasai 67,4 Persen Pasar Kredit UMKM Nasional

Prediksi UMKM dengan pertumbuhan kredit tinggi

Lebih lanjut Ia menyebutkan, UMKM di sektor peternakan, perikanan, padi, kelapa sawit dan gas bumi, serta farmasi menjadi sektor yang diprediksi memiliki pertumbuhan kredit paling tinggi dengan risiko yang rendah.

Adapun proyeksi pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) di BRI pada 2022 berada di kisaran 5,14 persen hingga 6,84 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Kendati demikian, likuiditas BRI masih punya ruang untuk ekspansi kredit karena rasio pinjaman terhadap simpanan (Loan to Deposit Ratio/LDR) masih berada di level 83 persen atau di bawah batas bawah regulator sebesar 92 persen.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Penyaluran Kredit UMKM Mencapai Rp 2.000 Triliun Pada 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com