Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Difasilitasi BNI, Sejumlah UMKM di Jatim Sukses Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 27/12/2021, 20:21 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah UMKM asal Jatim berhasil menembus pasar Eropa dengan difasilitasi oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI).

Salah satu pelaku UMKM yang berhasil melakukan ekspor adalah  Krisna Purnomo dari CV DeBough Indonesia sukses menjadi eksportir furnitur ke Eropa dibantu dengan BNI Xpora.

Krisna berhasil menembus ekspor karena produk mebel menjadi sangat bernilai karena memiliki unsur rarity (kelangkaan). Selain itu, kayu jati dari Indonesia juga dikenal memiliki kualitas yang amat tinggi.

Baca juga: Cara Daftar dan Keunggulan BNI Emerald, Tabungan Khusus Orang Kaya

“Historical value buat Eropa ini sangat penting, jadi bagaimana kita mengetahui psychology-nya orang Eropa seperti apa. Kalau bisnis sudah berjalan tantangannya tidak lagi dalam hal mencari buyer namun bagaimana mengakomodir permintaan buyer. BNI selalu membantu dalam hal pendanaan ini sehingga bisa ekspansi,” ujarnya dalam Webinar Xpora Bargaining Power in International Market, Jakarta, Senin (27/12/2021).

Kemudian, ada Co-Founder Legend Tren M. Najih Islahuddin dan Owner PT Rajawali Penta Nusantara William Perdana Putra yang juga berasal dari Jatim yang sukses mengekspor porang. Komoditas tersebut berhasil dijual ke pasar-pasar Asia antara lain ke Thailand, Vietnam, China hingga ke pasar Eropa.

“Program BNI Xpora sangat membantu biaya saya karena untuk memperkenalkan porang ke para petani lalu diekspor dan bantuan dana didistribusikan kepada para petani. BNI membantu dari hulu ke hilir, terima kasih kepada BNI Xpora untuk eksportir porang di Indonesia,” ujar William.

Sementara itu, Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal mengatakan, lewat BNI Xpora, ada tiga value preposition yang diangkat guna semakin banyak membawa pelaku usaha masuk ke perdagangan global, yaitu Go Productive, Go Digital, dan Go Global.

Baca juga: Jumlah Nasabah Tajir BNI Terus Meningkat

“BNI menjamin validitas buyer dengan mengoptimalkan kantor cabang luar negeri (KCLN) untuk fasilitasi ekspor,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi kepada tiga pelaku eksportir asal Jatim yang berhasil masuk pasar ekspor demi menopang perekonomian RI.

“Peran UMKM dalam ekonomi Jatim ini, sekitar 57 persen, yang artinya signifikan. Dalam hal kuantitas, mereka butuh namanya pendampingan, kemudian tantangan kualitas dan dari sisi capitalnya. Kalau BNI Xpora makin aktif dalam men-support Eksport Center di Jatim maka bisa lebih efektif lagi kontribusinya,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com