Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, PLN Tambah SPKLU di Bali

Kompas.com - 28/12/2021, 13:49 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) bakal membangun 21 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru di 15 shelter di Bali. Hal ini dilakukan untuk mendukung penggunaan mobil listrik selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun depan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memperkirakan penggunaan mobil listrik oleh panitia KTT G20 akan mencapai 500 unit. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesiapan infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik.

Ia mengatakan, targetnya 21 unit SPKLU yang tengah dibangun saat ini bisa rampung dan beroperasi pada Maret 2022 mendatang.

"Ada 5 SPKLU sudah mulai proses pekerjaan dan Insyaallah Januari 2022 sudah bisa digunakan masyarakat. Sisanya diperkirakan selesai Maret 2022," ucap Darmawan dalam keterangannya Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Kebutuhan Uang Tunai Selama Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi Capai Rp 115,2 Triliun

Meski demikian, saat ini PLN dihadapkan dengan tantangan untuk menyediakan SPKLU di lokasi-lokasi strategis. Kementerian BUMN berupaya memfasilitasi lahan perusahaan pelat merah lainnya untuk dibangun SPKLU oleh PLN.

Di sisi lain, Darmawan menilai, penyediaan SPKLU itu bukan hanya untuk menunjang kegiatan KTT G20, tetapi juga sebagai langkah untuk mendukung transisi ke energi bersih dengan mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik.

Ia berharap, pertemuan internasional itu dapat menunjukkan penggunaan mobil listrik yang juga sebagai salah satu simbol tema utama G20 yaitu transisi ke energi bersih.

Baca juga: Aliansi Pekerja SPBU: Aneh, Gaji Karyawan Pertamina Sampai Rp 70 Juta tapi Masih Mogok Kerja

Hal itu sekaligus mendukung langkah Kementerian BUMN yanng memang mempertimbangkan Bali sebagai kawasan percontohan akselarasi ekosistem kendaraan listrik.

"Kita bisa bikin jadi contoh kalau bisa mendorong mobil listrik di Bali. Kalau ini berhasil, ini bisa menyebarluaskan di kota lain," kata Darwawan.

Adapun total PLN sudah membangun 67 unit SPKLU yang berada di 45 lokasi di 21 kota. Layanan mengenai SPKLU pun sudah tersedia di aplikasi PLN Mobile, yang membantu pelanggan dapat lebih mudah dalam bertransaksi dan mencari titik lokasi SPKLU yang terdekat.

Baca juga: IHSG Sesi I Menguat, Ini Saham-saham yang Dikoleksi Investor Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com