Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Jual Sahamnya di Tesla Senilai Lebih Dari 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 29/12/2021, 14:30 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengajuan keuangan yang diterbitkan pada hari Selasa (28/12/2021) malam menunjukkan bahwa Elon Musk kembali menjual ratusan ribu sahamnya di Tesla. Kali ini, nilainya mencapai 1,02 miliar Dollar AS.

Dilansir dari CNBC, CEO Tesla dan SpaceX telah menjual 934.090 sahamnya di Tesla. Elon Musk juga menggunakan opsi untuk membeli hampir 1,6 juta saham Tesla dengan harga kesepakatan 6,24 Dollar AS per saham.

Kuartal ini, kepemilikan Elon Musk di Tesla telah meningkat dari sekitar 170,5 juta saham menjadi lebih dari 177 juta saham.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Berapa Pajak yang Harus Dibayar Elon Musk?

Terhitung sejak 8 November lalu, Elon Musk telah secara rutin menjual sahamnya. Sebagian besar kabarnya digunakan untuk membayar tagihan pajak yang nilainya sangat tinggi.

Melalui akun Twitter pribadinya, Elon Musk bahkan menunjukkan rencananya untuk menjual 10 persensahamnya di Tesla. Di bawah aturan 10b5-1, orang dalam Tesla, termasuk CEO, bisa memperdagangkan ekuitas mereka sendiri sebagai bagian dari rencana manajemen portofolio yang telah diumumkan sebelumnya.

Mereka yang memperdagangkannya harus terlebih dahulu menyatakan kapan dan bagaimana mereka berencana untuk berdagang demi terhindar dari tuduhan perdagangan orang dalam di kemudian hari.

Baca juga: Elon Musk: Tesla Akan Terima Pembayaran Sejumlah Barang dengan Dogecoin

Jika target penjualan 10 persen sahamnya benar-benar akan dicapai, saat ini Elon Musk masih harus menjual lebih dari 1 juta saham untuk dijual.

Menurut perkiraa Forbes, tahun ini saham Tesla meningkat lebih dari 54 persen, sekaligus menjadikan Elon Musk orang terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya saat ini ditaksir lebih dari 275 miliar Dollar AS.

Elon Musk sempat membocorkan nilai pajaknya kepada publik melalui akun Twitter pribadinya pada 20 Desember lalu. Untuk tahun 2021, Musk menyebut akan membayar pajak dengan nilai 11 miliar Dollar AS, atau setara dengan Rp 158,2 triliun.

"Bagi mereka yang bertanya-tanya, saya akan membayar pajak lebih dari US$ 11 miliar tahun ini," tulis Elon Musk. (Prihastomo Wahyu Widodo)

Baca juga: Elon Musk Kembali Jual Saham Tesla Rp 17,04 Triliun

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Elon Musk Menjual Lebih dari US$ 1 miliar Sahamnya di Tesla

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com