Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sudah Uji Coba Mekanisme Subsidi Minyak Goreng

Kompas.com - 30/12/2021, 18:30 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamad Lutfi menyebut pemerintah telah melakukan uji coba subsidi minyak goreng curah. Subsidi ini merupakan salah satu upaya mengatasi harga minyak goreng yang tinggi.

Subsidi minyak goreng akan diberikan dengan menggunakan dana pungutan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

"Kami dengan koordinasi Kementerian Koordinator Perekonomian akan beri subsidi dari BPDP KS, sedang dalam proses karena kita sudah uji coba mekanisme subsidi," ujar Lutfi di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Pemerintah Sebut Harga Minyak Goreng Akan Turun Usai Tahun Baru

Lutfi bilang, upaya pemerintah mgatasi tingginya harga minyak goreng telah dilakukan dengan berbabagai cara. Salah satunya dengan menjual minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 14.000 per liter.

Total intervensi penjualan minyak goreng murah tersebut sebanyak 11 juta liter. Penjualan minyak goreng murah dilakukan di sejumlah toko ritel modern. "Minyak goreng, kita sudah intervensi 11 juta liter akan kita gelontorkan di (harga) Rp14.000 supaya tercapai daya beli masyarakat," kata Lutfi.

Selain minyak goreng, komoditas lain yang menjadi perhatian adalah telur ayam. Kembali beroperasinya industri hotel, restoran, dan katering meningkatkan permintaan telur ayam.

Sementara itu suplai telur ayam menipis yang telah digunakan untuk bantuan sosial sebelumnya. Meski begitu, Lutfi bilang harga telur ayam akan turun pada Januari mendatang. (Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Mendag Usulkan Harga Minyak Goreng Disubsidi Pakai Dana BPDP KS

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemerintah Uji Coba Subsidi Minyak Goreng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com