Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Daftar BNI Internet Banking di ATM? Begini Caranya

Kompas.com - 02/01/2022, 05:49 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – BNI internet banking bisa menjadi pilihan bagi nasabah BNI yang menginginkan kemudahan transaksi secara online. Selain aman dan praktis, cara daftar internet banking BNI juga terbilang cukup mudah.

Dengan mengaktifkan BNI internet banking, nasabah dapat melakukan cek saldo, mutasi rekening atau melakukan transaksi setiap hari tanpa harus datang ke kantor cabang. Artinya, layanan internet banking BNI dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Beberapa fasilitas yang tersedia dalam BNI internet banking (internet banking BNI) di antaranya transfer sesama rekening BNI, transfer antar bank, transfer terjadwal, pembayaran tagihan seperti listrik PLN, kartu kredit, telepon/HP, internet, hingga angsuran pinjaman.

Selain itu, layanan BNI internet banking juga dapat digunakan untuk pembayaran pajak PBB, biaya pendidikan, berbagai macam pembelian seperti pulsa, tiket pesawat, sampai pembukaan deposito.

Baca juga: Siapa Marimutu Sinivasan yang Tolak Bayar Utang BLBI Rp 29 Triliun?

Adapun jenis rekening yang dapat diakses BNI internet banking di antaranya adalah Tabungan BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Anak, BNI Tapenas, BNI Taplus Anggota, BNI Giro Perorangan (Rupiah) hingga BNI Deposito (Rupiah).

Layanan internet banking BNI atau BNI internet banking sendiri dapat diakses nasabah di laman https://ibank.bni.co.id/. Namun demikian, agar dapat menggunakan layanan internet banking BNI, nasabah harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Bagaimana cara daftar BNI internet banking atau internet banking BNI?

Cara daftar BNI internet banking cukup mudah. Namun sebelum itu, nasabah perlu mengetahui beberapa persyaratan sebagai berikut:

Baca juga: Bagaimana Cara Mengkreditkan Lebih Bayar PPN?

  • Merupakan nasabah BNI.
  • Telah melakukan registrasi BNI internet banking melalui BNI ATM atau dengan mendatangi langsung kantor cabang terdekat, dan selanjutnya melakukan aktivasi melalui BNI Internet Banking.
  • Nasabah harus memiliki alamat e-mail yang aktif dan terdaftar di sistem BNI.
  • Nasabah harus memiliki nomor handphone yang aktif dan terdaftar di sistem BNI.
  • Telah membaca dan memahami syarat menjadi nasabah pengguna BNI internet banking.

Daftar internet banking BNI

Dikutip dari laman resminya, bni.co.id, ada dua cara daftar internet banking BNI atau BNI internet banking. Pertama melalui BNI ATM, kedua melalui petugas customer service di kantor cabang BNI terdekat.

Cara daftar BNI internet banking di ATM secara mudah dan amanbni.co.id Cara daftar BNI internet banking di ATM secara mudah dan aman

Cara daftar BNI internet banking di ATM

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara daftar BNI Internet Banking di mesin ATM:

Baca juga: Kini Ada Fitur Top Up dan Bayar Tagihan di KAI Access

Proses registrasi

  • Pergi ke ATM BNI terdekat
  • Masukan kartu debit dan PIN Anda
  • Dari layar menu utama, pilih menu Registrasi e-Channel dan kemudian pilih BNI Internet Banking.
  • Masukkan 6 (enam) digit PIN pendaftaran BNI Internet Banking.
  • Ulangi PIN pendaftaran BNI internet banking tersebut untuk konfirmasi.
  • PIN pendaftaran BNI Internet Banking akan ditanyakan oleh sistem pada saat nasabah melakukan aktivasi di website BNI Internet Banking.
  • Setelah proses registrasi selesai, nasabah akan memperoleh struk ATM sebagai bukti telah melakukan registrasi BNI internet banking
  • Pada struk yang sama akan tercantum kode aplikasi BNI Internet Banking sepanjang 6 (enam) - 8 (delapan) karakter yang nantinya juga akan ditanyakan oleh sistem pada saat Nasabah melakukan aktivasi di website BNI internet banking.
  • Setelah proses registrasi di BNI ATM selesai, nasabah dapat melanjutkan dengan proses aktivasi di website BNI internet banking.

Baca juga: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh 5 Persen di Kuartal IV 2021

Proses aktivasi

  • Untuk aktivasi BNI internet banking, silakan masuk ke website www.bni.co.id, dan klik tombol login Internet Banking Personal.
  • Pada layar login BNI Internet Banking, klik link “Silakan klik di sini untuk aktivasi pendaftaran BNI Internet Banking”.
  • Masukkan 6 (enam) - 8 (delapan) karakter kode aplikasi BNI internet banking yang tercantum pada struk ATM, kode Captcha, dan 6 (enam) digit PIN pendaftaran BNI Internet Banking yang diinput pada layar ATM sebelumnya.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan verifikasi atas nomor handphone yang tercatat di BNI.
  • Sistem akan mengirimkan One Time Password (OTP) melalui SMS ke handphone Anda untuk dimasukkan ke kolom yang disediakan di layar BNI Internet Banking.
  • Apabila Kode OTP yang diinput tidak sesuai dengan yang dikirimkan oleh sistem, maka proses aktivasi akan dihentikan dan Anda harus melanjutkan proses aktivasi setelah melakukan pengkinian data nomor handphone melalui petugas customer service di kantor cabang.
  • Namun, apabila Kode OTP yang diinput sesuai dengan yang dikirimkan oleh sistem, maka proses aktivasi akan dilanjutkan.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan password. Input password dilakukan sebanyak 2(dua) kali sebagai konfirmasi atas password yang dipilih.
  • Format password adalah minimal 8 (delapan) karakter, maksimal 12 (dua belas) karakter yang berupa kombinasi antara angka dan huruf.
  • Setelah input password, Anda akan ditunjukkan User-id yang dihasilkan oleh sistem, data rekening, nomor handphone dan alamat e-mail yang tersimpan di BNI.
  • Apabila data tersebut ada yang tidak sesuai, Anda diminta untuk segera melakukan pengkinian data baik melalui menu yang ada di BNI Internet Banking, atau melalui petugas customer service di Kantor Cabang. User-id yang tampil harus diingat oleh Anda, agar dapat digunakan pada saat login.
  • Selanjutnya akan ditampilkan pilihan untuk mengaktifkan akses BNI Internet Banking melalui mobile browser (sebagai alternatif akses melalui desktop). Apabila Anda tidak setuju, maka cukup menghilangkan tanda centang pada pilihan akses mobile browser.
  • Selanjutnya klik tombol “Proses”, maka Anda sudah teraktivasi di BNI internet banking. Anda sudah dapat melakukan transaksi non finansial dan transaksi finansial di BNI internet banking.
  • Pada saat pertama kali melakukan aktivasi secara otomatis, Anda akan dihubungkan dengan BNI m-Secure untuk melakukan otorisasi transaksi finansial.
  • Jika ingin menggunakan metode otorisasi yang lain, maka Anda dapat datang ke kantor cabang terdekat untuk mengajukan permintaan agar dapat dihubungkan ke BNI e-Secure.

Cara daftar BNI internet banking di ATM secara mudah dan amanwww.bni.co.id Cara daftar BNI internet banking di ATM secara mudah dan aman

Cara daftar BNI internet banking di kantor cabang

Untuk daftar BNI internet banking di Kantor Cabang, Anda cukup membawa KTP/SIM/Passport/KITAS, buku rekening BNI dan kartu debit BNI.

Berikut langkah-langkah atau cara daftar BNI internet banking di kantor cabang:

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif dan Hubungannya dengan Industri Kreatif

Proses registrasi

  • Datang ke kantor cabang BNI terdekat
  • Setelah melakukan proses verifikasi dan pengkinian data nomor handphone serta alamat e-mail nasabah, Petugas akan menanyakan metode otorisasi transaksi finansial apa yang dipilih oleh Anda. Apabila tidak memiliki preferensi khusus, maka Anda akan dihubungkan dengan BNI m-Secure.
  • Setelah proses registrasi selesai, Anda akan memperoleh struk sebagai bukti telah melakukan registrasi BNI Internet Banking dan pada struk yang sama akan tercantum User-id BNI Internet Banking yang nantinya juga akan ditanyakan oleh sistem pada saat melakukan aktivasi di website BNI internet banking.
  • Setelah proses registrasi di customer service selesai, Anda dapat melanjutkan dengan proses aktivasi di website BNI Internet Banking.

Baca juga: Covid-19 Terkendali, Ekonomi Indonesia 2022 Diproyeksi Tembus 5 Persen

Proses aktivasi

  • Masukkan 8 (delapan) karakter User-id BNI Internet Banking yang tercantum pada struk customer service ke kolom yang tersedia di layar BNI Internet Banking beserta kode captcha.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan password. Input password dilakukan sebanyak 2(dua) kali sebagai konfirmasi atas password yang dipilih. Format password adalah minimal 8 (delapan) karakter, maksimal 12 (dua belas) karakter yang berupa kombinasi antara angka dan huruf.
  • Selanjutnya nasabah cukup klik tombol “Proses”, maka Anda kini sudah teraktivasi di BNI Internet Banking. Anda dapat melakukan transaksi non finansial dan transaksi finansial.
  • Metode otorisasi transaksi finansial adalah sebagaimana yang dipilih oleh nasabah saat berhadapan dengan customer service kantor cabang.

Demikian informasi seputar cara daftar BNI internet banking atau internet banking BNI secara mudah. Secara umum, pendaftaran internet banking BNI dapat dilakukan melalui mesin ATM dan datang langsung ke kantor cabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Whats New
Tinjau Panen Raya, Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Tinjau Panen Raya, Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Whats New
Kenaikan Tarif Dinilai Jadi Pemicu Setoran Cukai Rokok Lesu

Kenaikan Tarif Dinilai Jadi Pemicu Setoran Cukai Rokok Lesu

Whats New
Puasa Itu Berhemat atau Boros?

Puasa Itu Berhemat atau Boros?

Spend Smart
Kadin Proyeksi Perputaran Uang Saat Ramadhan-Lebaran 2024 Mencapai Rp 157,3 Triliun

Kadin Proyeksi Perputaran Uang Saat Ramadhan-Lebaran 2024 Mencapai Rp 157,3 Triliun

Whats New
Kebutuhan Dalam Negeri Jadi Prioritas Komersialisasi Migas

Kebutuhan Dalam Negeri Jadi Prioritas Komersialisasi Migas

Whats New
Ratusan Sapi Impor Asal Australia Mati Saat Menuju RI, Badan Karantina Duga gara-gara Penyakit Botulisme

Ratusan Sapi Impor Asal Australia Mati Saat Menuju RI, Badan Karantina Duga gara-gara Penyakit Botulisme

Whats New
Watsons Buka 3 Gerai di Medan dan Batam, Ada Diskon hingga 50 Persen

Watsons Buka 3 Gerai di Medan dan Batam, Ada Diskon hingga 50 Persen

Spend Smart
Utang Pemerintah Kian Bengkak, Per Februari Tembus Rp 8.319,22 Triliun

Utang Pemerintah Kian Bengkak, Per Februari Tembus Rp 8.319,22 Triliun

Whats New
Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Whats New
Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan 'Open Side Container'

Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan "Open Side Container"

Whats New
Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Whats New
Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Whats New
Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Whats New
Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com