Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah Tipis Seiring Percepatan Tapering The Fed

Kompas.com - 03/01/2022, 16:53 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin, ditutup melemah tipis seiring percepatan tapering bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Rupiah sore ini ditutup melemah 3 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp14.266 per Dollar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.263 per Dollar AS.

"Dollar AS bergerak menguat dibalik rencana bank sentral AS di Januari yang ingin mempercepat pengurangan pembelian obligasi bulanan mereka," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya seperti dikutip dari Antara, Senin (3/1/2022).

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat 1,27 Persen Pada Akhir Perdagangan Hari ini

The Federal Reserve telah menjalankan tapering untuk memangkas stimulus yang berjalan dan berencana akan mengakhirinya pada pertengahan 2022, serta bersiap menaikkan tingkat suku bunga acuannya.

Langkah itu dipandang perlu di tengah ancaman tingginya inflasi di AS yang dikhawatirkan akan menekan daya beli masyarakat yang baru kembali tertopang ekonominya dari keterpurukan wabah Covid-19.

Sementara itu, jumlah kasus harian Covid-19 di Tanah Air pada Minggu (2/1/2021) kemarin mencapai 174 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 4,26 juta kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 1 kasus sehingga totalnya mencapai 144.097 kasus.

Baca juga: Jadi Anak Buah Luhut, Gaji Rachmat Kaimuddin Lebih Kecil Dibandingkan di Bukalapak

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 190 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,11 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif Covid-19 mencapai 4.382 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 165,9 juta orang dan vaksin dosis kedua 114,1 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.257 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.252 per Dollar AS hingga Rp14.274 per Dollar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin ditutup menguat ke posisi Rp14.270 per Dollar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.278 per Dollar AS. (Citro Atmoko)

Baca juga: Ini Jabatan Mantan Bos Bukalapak di Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com