Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kurs Rupiah di BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BCA Hari ini

Kompas.com - 04/01/2022, 10:32 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak melemah di pasar spot, pada sesi perdagangan pagi hari ini, Selasa (4/1/2022).

Melansir data Bloomberg pukul 09.30 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.307 per dollar AS atau melemah sebesar 0,29 persen.

Baca juga: Sebelum Tukar Dollar AS, Simak Kurs Rupiah di BRI hingga BCA

Berbeda dengan pasar spot, kurs tengah Bank Indonesia (BI) justru menguat tipis 0,05 persen ke level Rp 14.270 per dollar AS, dari Rp 14.278 per dollar AS pada 3 Januari 2022.

"Dollar AS bergerak menguat dibalik rencana bank sentral AS di Januari yang ingin mempercepat pengurangan pembelian obligasi bulanan mereka," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Baca juga: Rupiah Melemah Tipis Seiring Percepatan Tapering The Fed

The Federal Reserve telah menjalankan tapering untuk memangkas stimulus yang berjalan dan berencana akan mengakhirinya pada pertengahan 2022, serta bersiap menaikkan tingkat suku bunga acuannya.

Langkah itu dipandang perlu di tengah ancaman tingginya inflasi di AS yang dikhawatirkan akan menekan daya beli masyarakat yang baru kembali tertopang ekonominya dari keterpurukan wabah Covid-19.

Baca juga: Luhut Percaya Diri Indonesia Lebih Siap Atasi Omicron, Ini Alasannya

Bagi Anda yang ingin membeli atau menjual valuta asing (valas) dollar AS di bank besar, Kompas.com telah merangkum kurs jual dan kurs beli di 4 bank besar nasional.

Sebagai informasi, kurs jual merupakan acuan yang digunakan untuk menjual valas dollar AS. Sementara kurs beli, adalah posisi yang digunakan apabila ingin menjual dollar AS maka pihak bank akan membelinya pada posisi ini.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com