Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Perusahaan Dagang dan Contohnya di Indonesia

Kompas.com - 08/01/2022, 16:21 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan dagang adalah berperan penting untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat. Apa pengertian dan contoh perusahaan dagang?

Kegiatan utama perusahaan dagang adalah melakukan pembelian produk untuk dijual kembali dengan tujuan mendapat keuntungan. Namun, produk yang dijual perusahaan dagang tidak ada nilai tambahnya.

Melansir laman globalnegotiator.com, perusahaan dagang adalah perusahaan spesialis yang mencakup semua kegiatan ekspor dan impor.

Artinya, kegiatan utama perusahaan dagang adalah membeli produk di suatu negara dan menjualnya kembali di berbagai negara di mana perusahaan memiliki jaringan distribusi.

Baca juga: Apa Itu Afiliasi Pemasaran dan Jenisnya?

Contoh perusahaan dagang biasanya bekerja dengan volume produksi yang tinggi seperti bahan baku, bahan kimia, obat generik, dan sebagainya.

Adapun kegiatan utama perusahaan dagang adalah meliputi:

  • Mengidentifikasi pemasok di berbagai negara yang berkapasitas memasok produk dalam jumlah besar dan dengan harga yang kompetitif.
  • Bernegosiasi terkait syarat penjualan dan pengiriman produk.
  • Pembiayaan dan jaminan pembayaran kepada pemasok dan eksportir.
  • Mengelola logistik dan transportasi.
  • Mengelola bea cukai dan hambatan perdagangan internasional lainnya.
  • Mendistribusi dan menjual produk melalui jaringan ritelnya.

Baca juga: Pengertian Insentif di Sektor Perpajakan

Saat ini perusahaan dagang internasional banyak yang mengembangkan bisnisnya di negara-negara berkembang di wilayah Asia, Afrika, dan Amerika.

Hal ini untuk mengidentifikasi pemasok produk yang kompetitif, menegosiasikan, dan membeli produk dari pemasok tersebut lalu menjualnya melalui jaringan distribusi yang dimiliki.

Contoh perusahaan dagang

Di Indonesia, contoh perusahaan dagang adalah:

  • PT Lion Super Indo pemilik ritel Superindo.
  • PT Carrefour Indonesia pemilik ritel Carrefour.
  • Distributor alat mekanik PT Bestoolindo.
  • PT Indomarco Prismatama pemilik minimarket Indomaret.
  • PT Matahari Putra Prima Tbk pemilik Hypermart.
  • PT Hero Supermarket Tbk pemilik supermarket Hero.
  • PT Alfaria Trijaya pemilik minimarket Alfamart.
  • PT Transmart.
  • Giant.

Baca juga: Apa Itu Freelance dan Bagaimana Cari Lowongan Kerjanya?

Perusahaan dagang adalah membeli dan menjual produk tanpa mengubah produk tersebut untuk mencari keuntungan. Contoh perusahaan dagang adalah Alfamart dnan Indomaret.Tribunnews Perusahaan dagang adalah membeli dan menjual produk tanpa mengubah produk tersebut untuk mencari keuntungan. Contoh perusahaan dagang adalah Alfamart dnan Indomaret.

Ciri-ciri perusahaan dagang adalah?

Supaya lebih mudah memahami contoh pengertian perusahaan adalah untuk bagian pembelajaran. Perlu untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dan contoh perusahaan dagang berikut ini:

1. Usaha yang dilakukan

Usaha yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah membeli produk dan menjualnya tanpa diolah terlebih dulu. Produkyang dijual bisa berupa bahan baku, barang setengah jadi, atau barang jadi.

2. Kegiatan akuntansi

Kegiatan akutansi perusahaan dagang adalah menggunakan akun persediaan barang dagang, seperti persediaan awal yaitu nilai barang yang dimiliki saat awal tahun buku dan persediaan akhir aitu nilai barang yang dimiliki saat akhir periode akuntansi.

Pada ciri-ciri ini, terdapat penghitungan harga pokok penjualan dan laporan laba ruginya berbentuk langsung atau bertahap.

Baca juga: Kelebihan, Contoh, dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran

Jenis perusahaan dagang

Contoh perusahaan dagang adalah memiliki jenis yang berbeda berdasarkan produk yang diberdayakan dan macam konsumen yang terlibat, berikut penjelasannya dikutip dari buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI (2016) oleh Alam dan Rudianto:

1. Berdasarkan produk yang diberdayakan

  • Perusahan dagang barang produksi, yaitu perusahaan yang menjual produk bahan baku sebagai bahan dasar pembuatan produk atau alat produksi untu membuat produk lain.
  • Perusahaan dagang barang jadi, yaitu perusahaan yang menjual produk akhir atau produk yang siap dikonsumsi.

2. Berdasarkan macam konsumen yang terlibat

  • Perusahaan dagang besar, yaitu perusahan dagang yang membeli langsung produk yang dijual dari pabrik dalam jumlah besar. Produk ini juga akan dijual dalam volume yang besar pula.
  • Perusahaan dagang perantara, yaitu perusahaan yang membeli dalam partai besar untuk dijual ke pengecer dalam jumlah sedang.
  • Perusahaan dagang pengecer, yaitu perusahaan yang langsung berhubungan dengan konsumen atau menjual langsung ke konsumen secara eceran.

Baca juga: Contoh dan Kelebihan Sistem Ekonomi Liberal

Demikian penjelasan kegiatan utama perusahaan dagang adalah membeli lalu menjual kembali produk tanpa menambah nilai jualnya. Contoh perusahaan dagang adalah bisa dilihat di sekitar seperti Alfamart dan Indomaret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com