Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Gas Bumi, Apa Bedanya LPG, LNG, dan CNG?

Kompas.com - 10/01/2022, 12:36 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - LPG adalah istilah yang sudah tidak asing lagi terkait dengan penggunaan gas di Indonesia. Selain LPG, ada pula yang disebut LNG dan CNG.

Perbedaan LPG dan LNG menjadi salah satu topik yang kerap memunculkan pertanyaan bagi pembaca. Demikian pula terkait kepanjangan LPG dan LNG.

Lebih lanjut, sejumlah pertanyaan yang kerap mencuat terkait CNG adalah apakah yang dimaksud dengan CNG? Apa beda CNG dan LNG?

Baca juga: Jokowi Revisi Aturan Penyaluran dan Harga Bensin Premium-Pertalite

Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab pertanyaan tersebut, termasuk pertanyaan lain seperti apa yang dimaksud dengan LNG, apa perbedaan LNG dan LPG, hingga LNG digunakan untuk apa.

Pengertian LNG

Perbedaan LPG dan LNG yang paling tampak terlihat pada beda kepanjangan LPG dan LNG. LNG adalah singkatan dari Liquefied Natural Gas.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), LNG adalah gas metana dengan komposisi 90 persen metana (CH4) yang dicairkan pada tekanan atmosferik dan suhu -163 derajat celcius.

Sebelum proses pencairan, gas harus menjalani proses pemurnian terlebih dahulu untuk menghilangkan kandungan senyawa yang tidak diharapkan seperi CO2, H2S, Hg, H2O dan hidrokarbon berat.

Proses tersebut akan mengurangi volume gas menjadi lebih kecil 600 kali. Penyusutan ini membuat LNG mudah ditransportasikan dan dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca juga: Dihapus, Bensin Pertalite Versi Shell Sudah Hilang di Pasaran

LNG ditransportasikan melalui kapal-kapal ke terminal-terminal LNG dan disimpan di tangki dengan tekanan atmosferik. Kemudian LNG dikonversi kembali menjadi gas dan disalurkan melalui sistem transmisi.

Pengertian LPG

Berbeda dengan LNG, LPG adalah singkatan dari Liquefied Petroleum Gas. Dengan demikian terjawab sudah pertanyaan seputar kepanjangan LPG dan LNG.

Lebih lanjut, terkait pula dengan perbedaan LPG dan LNG, LPG adalah gas bumi yang dicairkan dengan komponen utama propana (C3H8) dan butana (C4H10).

Menurut jenisnya, LPG dikelompokkan menjadi LPG propana, LPG butana dan LPG campuran (mix) yang merupakan campuran dari kedua jenis LPG tersebut.

LPG dapat dari penyulingan minyak mentah atau dari kondensasi gas bumi dalam kilang pengolahan gas bumi.

Maksud pencairan gas bumi menjadi LPG adalah untuk memecahkan masalah pengangkutan ke konsumen karena volume LPG jauh lebih kecil dari volume gasnya.

Untuk mempertahankan gasa LPG agar tetap cair pada suhu kamar, LPG harus disimpan dalam tangki bertekanan (pressurized tank).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com