Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan SYL Sebut Kenaikan Harga Telur Ayam Masih Dalam Titik Batas Wajar

Kompas.com - 10/01/2022, 15:20 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Natal dan Tahun Baru 2022, telur ayam menjadi salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga.

Tercatat, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga telur ayam per tanggal 3 Januari 2022 lalu, bertengger di Rp 30.250 per kilogram yang kemudian naik menjadi Rp 30.600 per tanggal 5 Januari 2022.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kenaikan harga telur yang terjadi beberapa  waktu lalu itu disebabkan karena adanya momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Mentan SYL Pastikan Stok Telur Ayam Cukup, Belum Ada Rencana Intervensi Harga

Kendati demikian, dia mengungkapkan, kenaikan yang terjadi masih dalam kendali pemerintah, dimana harga yang ada masih dalam titik batas wajar.

"Sepanjang kenaikan itu dalam batas-batas kendali pemerintah tentu kita tidak akan mengintervensi. Intervensi baru dilakukan apabila kenaikan ya melampaui batas tertentu. Barulah kita lakukan operasi pasar dan pendekatan-pendekatan lain," kata Mentan SYL dalam siaran resminya, dikutip Senin (10/1/2022).

Mentan mengatakan, ketersediaan telur maupun sumber daging lainya juga dalam kondisi yang cukup, tidak ada masalah apalagi terjadi kelangkaan.

Dia memastikan, semua masih tersedia dengan baik dan stok nasional dalam keadaan meningkat.

Baca juga: Kemendag Sebut Harga Telur dan Minyak Goreng Turun setelah Tahun Baru

"Saya bersama para integrator terus memacu penuh agar perternakan ayam, petelur dan pedaging kita terus mengalami peningkatan," katanya.

Yang pasti, lanjut Mentan, semua kebutuhan bahan pokok, baik beras, minyak, gula, daging dan telur ayam harus mampu terpenuhi setiap hari.

Karena itu, dia mengajak kepada semua pihak yang terlibat di sektor pertanian mampu menjaga momentum ini secara baik.

"Perhatian serius kita sesuai perintah Bapak presiden adalah ketersediaan pangan kita menghadapi kondisi dan cuaca ekstrem yang ada dan tidak saja padi, jagung dll tetapi termasuk daging, ayam dan petelur yang ada harus dalam kondisi cukup. Tidak boleh kurang," kata Mentan SYL.

Saat ini pun harga telur ayam masih terbilang masih mahal. Tercatat harga telur ayam per tanggal 10 Januari 2022 dibanderol Rp 28.800. Memang, harga ini telah turun yang sebelumnya bertengger di Rp 29.750 per tanggal 7 Januari 2022.

Baca juga: Mentan Beberkan Penyebab Harga Telur Mahal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com