Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Melaju di Zona Merah Pagi Ini, Bagaimana dengan Rupiah?

Kompas.com - 14/01/2022, 09:28 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (14/1/2022). Demikian juga dengan mata uang garuda yang melemah pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.09 WIB, IHSG berada pada level 6.639,02 atau turun 19,32 poin (0,29 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.658,35.

Sebanyak 179 saham melaju di zona hijau dan 203 saham di zona merah. Sedangkan 189 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 782,52 miliar dengan volume 1,4 miliar saham.

Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Bursa Asia mayoritas merah dengan penurunan Nikkei 1,45 persen, Shanghai Komposit 0,31 persen, dan Hang Seng Hong Kong 1 persen. Sementara itu, Strait Times menguat 0,5 persen.

Wall Street pada penutupan pagi ini juga merah dengan penurunan Dow Jones Industrial Average (DJIA) 0,49 persen, S&P 500 turun 1,4 persen, dan Nasdaq terkoreksi 2,5 persen.

Baca juga: IHSG Berbalik Menguat Sore Ini, Asing Borong BBCA, BBRI dan ADRO

Sebelumnya, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal IHSG menguat setelah sekitar support kuat MA 50 dan mengindikasikan masih ada potensi penguatan dalam jangka pendek.

“IHSG diprediksi menguat. Investor akan mencermati beberapa rilis data dari AS. Dari dalam negeri masih minim sentimen. Investor masih mencermati terkait kebijakan DMO batu bara,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Baca juga: Pemilik Restoran Gokana Berencana IPO, Sebut Bakal Agresif Ekspansi Gerai

Potensi rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini melemah. Melansir Bloomberg, pukul 09.08 WIB rupiah bergerak pada level Rp 14.306 per dollar AS, atau turun 12 poin (0,08 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.294 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, meskipun pagi ini rupiah melemah masih ada potensi rupiah untuk menguat pada siang hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com