Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Apotek Online GoApotik Raih Sertifikasi ISO 27001

Kompas.com - 17/01/2022, 20:58 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi GoApotik, salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) atau apotek online, meraih sertifikasi ISO 27001 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi dari British Standard Institution.

Ini menjadikan GoApotik sebagai PSEF pertama yang meraih ISO 27001:2013 di Indonesia.

Head of GoApotik Neneng Mutmainah mengatakan, sertifikasi ISO 27001 juga menunjukkan komitmen GoApotik dalam menjaga keamanan data pelanggan. 

Dengan adanya sertifikasi ISO 27001 ini, pengguna aplikasi GoApotik terjamin keamanan datanya saat melakukan pembelian produk farmasi.

Baca juga: Pengguna Aplikasi Mapan di Jawa-Bali Sudah 3 Juta Orang, Kini Sasar Sumatera dan Sulawesi

Menurut Neneng, melalui sertifikasi ini GoApotik berperan untuk menghadirkan apotek yang legal, berlisensi dan terverifikasi. 

"GoApotik mendorong peran apoteker melakukan pelayanan kefarmasian secara online (telefarmasi) sehingga pelayanan kefarmasian apotek di era digital tetap dapat berjalan dengan baik," ungkap Neneng melalui rilis pers, Senin (17/1/2022).

Ia juga bilang, GoApotik mendukung upaya pemerintah memperluas dan mempermudah akses ketersediaan obat bagi masyarakat.

"Untuk bisa bertahan, pada era digital seluruh pelaku usaha apotek dituntut memberikan pelayanan online. Layanan digital ini salah satunya bisa melalui penyedia sarana elektronik farmasi," lanjutnya. 

Baca juga: Dorong UMKM Daerah Lebih Berdaya Saing, Aplikasi TOKKO Semesta Ekspansi ke Surabaya

Sebagai informasi, ISO 27001 merupakan standar Internasional sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS).

ISMS digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi, serta untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com