Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alpha JWC Ventures: Suntikan Rp 71 Miliar ke Bisnis Es Doger Gibran Masih Wajar

Kompas.com - 19/01/2022, 08:56 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alpha JWC Ventures buka suara setelah adanya dugaan kejanggalan investasi senilai Rp 71 miliar yang dilakukannya ke perusahaan rintisan (startup) es doger milik Gibran Rakabuming Raka, Goola, pada Agustus 2019.

Co-founder & General Partner Alpha JWC Ventures Chandra Tjan mengatakan, sentimen negatif ini muncul karena masyarakat masih awam tentang pendanaan modal ventura.

"Padahal sebenarnya pendanaan modal ventura tidak mungkin bisa dilakukan tanpa pertimbangan terutama bagi VC yang independen dan institusional seperti kami," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Heboh Bisnis Es Doger Gibran Disuntik Rp 71 Miliar, Alpha JWC Ventures Buka Suara

Dia pun menilai, masih banyak masyarakat yang membutuhkan edukasi yang mendalam terkait suntikan modal ke startup agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Chandra Tjan juga menjelaskan, salah satu alasan Alpha JWC Ventures melakukan investasi ke perusahaan startup seperti Goola adalah untuk mendorong startup tersebut berkembang pesat.

Chandra Tjan juga menilai investasi senilai Rp 71 miliar tersebut masih dalam jumlah wajar. Sebab Alpha JWC Ventures juga menyuntikan modal ke perusahaan lain, bahkan dengan nilai yang lebih besar.

”Sebagai contoh di 2018, kami juga memberikan investasi 8 juta dollar AS pada Kopi Kenangan yang saat itu juga baru mulai. Jadi ini pun (nilai investasi di Goola) sebenarnya wajar,” kata dia.

Baca juga: Menpan RB: Rekrutmen Tenaga Honorer Mengacaukan Hitungan Kebutuhan Formasi ASN

Lewat investasi Rp 71 miliar, Alpha JWC memiliki saham minoritas di Goola. Sementara pemilik saham terbesar adalah para pendiri perusahaan seperti Kevin Susanto, Benz Budiman, dan Gibran Rakabuming.

Sebelumnya, investasi Rp 71 miliar Alpha JWC di Goola dinilai janggal oleh pakar Information Technology (IT) Sammy Notaslimboy.

"Bisnis ginian yang terhitung baru dapat suntikan dana 71M, sepertinya janggal dan orang-orang hanya males masalahin aja. Jadi kalau ada yg gerak laporin KPK, yg gk ujug-ujung juga. Kebanyakan orang, ya males repot," tulis Sammy di akun Twitternya @NOTASLIMBOY.

Baca juga: Raih Pendanaan Rp 71 Miliar, Gibran Targetkan Goola Ekspansi ke Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com