Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Pengusaha Ritel: Kami Menyediakan Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Kompas.com - 19/01/2022, 21:13 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan, pihaknya menjual minyak goreng seharga Rp 14.000 per liter. Minyak masak tersebut tersedia di seluruh gerai anggota ritel modern Aprindo, se-Indonesia.

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey Roy menuturkan,  hal  itu merupakan bentuk dukungan riil dari para anggotanya kepada pemerintah melalui koordinasi intensif dengan Kementerian Perdagangan atas kebijakan program minyak goreng satu harga di seluruh Indonesia.

"Kami menyediakan minyak goreng baik kemasan sederhana maupun premium dengan ukuran mulai per satu liter dijual dengan harga yang sama, yakni Rp 14.000, menggunakan stok atau persediaan minyak goreng yang ada saat ini di setiap gerai/toko sambil menunggu pasokan minyak goreng dari distributor dan produsen yang telah mendapat penugasan pemerintah," kata dia melalui siaran persnya, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Warga Serbu Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter, Indomaret dan Alfamart Batasi Pembelian

Selain itu kata Roy Mande, pihaknya juga siap mendukung pemerintah untuk menstabilkan harga pangan. Salah satunya kestabilan harga minyak goreng saat ini yang bergejolak dan berfluktuasi sehingga lebih terjangkau.

"Dengan jumlah pembelian dua liter minyak goreng untuk dikonsumsi per konsumen sebagai pemerataan bagi seluruh konsumen guna mendapatkan minyak goreng sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat," ucapnya.

Dia meminta masyarakat tidak memborong membeli (panic buying) minyak goreng. Karena stok ketersediaan minyak goreng dengan tegas menjadi komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga yang stabil dan terjangkau.

"Berbelanjalah dengan normal dan wajar sesuai kebutuhan serta tetap komit dan wajib disiplin melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) 3M pada saat ini, dalam masa pademik yang sedang kita tanggulangi bersama. Sehingga selain kebutuhan pokok kita dapat terpenuhi, kesehatan kita tetap terjaga," ujar dia.

Seperti diberitakan, pemerintah resmi menerapkan kebijakan satu harga untuk minyak goreng yakni sebesar Rp 14.000 per liter mulai 19 Januari 2022. Pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terkait dengan implementasi kebijakan ini.

Baca juga: Pemerintah Jamin Stok Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter, Aprindo: Warga Jangan Panic Buying

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com