Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen: Pengertian, Prinsip Ekonomi, Hak dan Kewajibannya

Kompas.com - 28/01/2022, 07:00 WIB
Nur Jamal Shaid,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam dunia usaha, peranan konsumen adalah sangat penting. Tanpa adanya konsumen, semua rantai pasokan tidak akan berjalan. Karena itu, konsumen adalah kunci dari keberlangsungan suatu produk.

Konsumen adalah bagian tak terpisahkan dari kegiatan ekonomi selain produsen dan distributor. Lalu, apa yang dimaksud dengan konsumen?

Pengertian konsumen

Sederhananya, konsumen adalah orang atau pihak yang menjalankan kegiatan konsumsi. Dalam pengertian lain, konsumen adalah pengguna barang maupun jasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsumen adalah pemakai barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan, dan sebagainya). Apa itu konsumen juga bisa berarti sebagai pemakai jasa.

Baca juga: BCA Siapkan Rp 400 Miliar untuk Suntik Modal ke Startup

Sementara merujuk pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Istilah konsumen adalah kerap kali disamakan dengan pelanggan atau klien. Meski hampir sama, ketiganya memiliki pengertian tersendiri secara spesifik.

Konsumen adalah orang yang menggunakan atau mengonsumsi produk. Namun dalam praktiknya, konsumen belum tentu orang membeli produk atau barang.

Orang mengonsumsi produk yang dibeli orang lain bisa disebut konsumen. Sedangkan pihak yang melakukan pembayaran disebut pelanggan atau customer.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Alfamart

Sementara klien adalah orang yang menggunakan produk. Hanya saja produk di sini lebih identik dengan jasa. Bisa dikatakan, klien adalah pengguna jasa.

Konsumen adalah rantai terakhir dalam aliran produk setelah produsen dan distributor. Konsumen adalah orang yang hanya akan menggunakan produk tersebut tanpa menjual kembali kepada pihak-pihak tertentu.

Peran konsumen adalah sangat penting dalam menciptakan peningkatan pendapatan nasional suatu negara. Indonesia dengan penduduk lebih dari 280 juta orang ini sangat mengandalkan konsumsi dari konsumen lokal untuk meningkatkan perputaran ekonomi.

Konsumen adalah pihak atau orang yang menggunakan jasa atau produk dengan tujuan memenuhi kebutuhannyaPIXABAY Konsumen adalah pihak atau orang yang menggunakan jasa atau produk dengan tujuan memenuhi kebutuhannya

Prinsip ekonomi konsumen

Dikutip dari Gramedia.com, konsumen adalah pihak atau orang yang menggunakan jasa atau produk dengan tujuan memenuhi kebutuhannya. Konsumen hanya akan menggunakan produk tanpa menjual kembali produk yang ia beli kepada pihak-pihak tertentu.

Baca juga: Bank Indonesia dan The People’s Bank Of China Sepakat Perbarui Perjanjian Swap Bilateral

Berikut ini yang merupakan penerapan prinsip ekonomi oleh konsumen adalah:

  • Membuat prioritas terhadap barang atau jasa yang akan dibeli dengan memperhatikan manfaatnya terlebih dahulu (dahulukan kebutuhan pokok). Sebaiknya konsumen hanya memilih barang dan jasa yang benar-benar penting dan ia butuhkan saja
  • Menghindari gaya hidup boros dan berfoya-foya dengan membeli barang dengan harga yang mampu ia jangkau
  • Memilih barang dengan kualitas terbaik
  • Melakukan tawar menawar dalam membeli barang atau jasa untuk mendapatkan harga terbaik
  • Membandingkan pengeluaran dan pemasukan, sehingga jangan sampai besar pasak daripada tiang atau lebih besar jumlah pengeluaran daripada jumlah pemasukan

Hak konsumen

Mengutip dari buku Pokok-Pokok Hukum Perlindungan Konsumen (2018) karya Rosmawati, hak-hak konsumen menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen, adalah sebagai berikut:

Baca juga: Bangun Sistem Transportasi IKN Butuh Rp 582,6 Miliar di 2022, Menhub Undang Swasta Berpartisipasi

  • Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselematan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa.
  • Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  • Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
  • Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
  • Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
  • Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen.
  • Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
  • Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang tidak diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.
  • Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undang lainnya.

Baca juga: Tumbuh 66,8 Persen, Laba Bersih Bank Mandiri Capai Rp 28 Triliun pada 2021

Konsumen adalah pihak atau orang yang menggunakan jasa atau produk dengan tujuan memenuhi kebutuhannyaPIXABAY Konsumen adalah pihak atau orang yang menggunakan jasa atau produk dengan tujuan memenuhi kebutuhannya

Kewajiban konsumen

Selain hak, konsumen juga memiliki kewajiban. Seorang konsumen tidak bisa menuntut haknya terus menerus tanpa melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu. Sebab hak dan kewajiban merupakan dua hal penting yang tidak bisa dipisahkan.

Dalam buku Hukum Perlindungan Konsumen (2016) karya Zulham, dijelaskan kewajiban-kewajiban yang dimiliki oleh konsumen menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yaitu:

  • Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan.
  • Beriktikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa.
  • Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
  • Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Baca juga: Pengembangan Kawasan Industri Terus Digenjot

Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan konsumen, prinsip ekonomi konsumen, serta hak dan kewajiban konsumen. Bisa dikatakan, konsumen adalah setiap orang yang menggunakan/memakai barang dan jasa yang disediakan oleh produsen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com