Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah dan IHSG Bergerak Melemah Pagi Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 09:18 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (3/2/2022). Demikian juga dengan rupiah yang melemah pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.07 WIB, IHSG berada pada level 6.697,12 atau turun 10,52 poin (0,16 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.707,65.

Sebanyak 197 saham melaju di zona hijau dan 157 saham di zona merah. Sedangkan 205 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 855,5 miliar dengan volume 1,7 miliar saham.

Baca juga: IHSG Bakal Lanjut Menguat? Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Bursa Asia sebagian masih libur, sementara Indeks Nikkei 225 Tokyo pagi ini merah dengan penurunan 0,87 persen. Berbeda dengan Strait Times yang menguat 1,6 persen.

Wall Street pagi ini ditutup hijau dengan kenaikan Dow Jones Industrial Average (DJIA) 0,63 persen, S&P 500 menguat 0,94 persen, dan Nasdaq naik 0,5 persen.

Sebelumnya, Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal candlestick, indeks membentuk higher high dan higher low dengan kenaikan volume dengan stochastic yang mulai melebar.

“Pola ini mengindikasikan potensi penguatan akan terbatas. Dari dalam negeri pergerakan masih akan dibayangi oleh kekhawatiran akan kenaikan kasus Covid-19 yang signifikan,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Baca juga: Naik Tipis, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini melemah. Melansir Bloomberg, pukul 09.00 WIB rupiah bergerak pada level Rp 14.364 per dollar AS, atau turun 8 poin (0,05 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.356 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah terjadi karena sentimen negatif dari data tenaga kerja AS. Data tenaga kerja AS versi Automatic Data Purchasing (ADP) yang dirilis kemarin, menunjukkan pada bulan Januari terjadi penurunan jumlah pekerjaan.

“Nilai tukar rupiah berpotensi melemah hari ini dengan sentimen pasar terhadap risiko terlihat negatif tersebut. Banyak analis berpendapat, penurunan ini karena Omicron yang meluas yang mendorong penurunan aktivitas ekonomi,” kata Ariston.

Di dalam negri, kasus Omicron juga masih meninggi dan bisa berdampak negatif ke perekonimian. Apalagi bila ditambah dengan meningginya inflasi, daya beli yang menurun karena inflasi juga bisa mengganggu pemulihan ekonomi.

Ariston memprediksi rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.380 per dollar AS sampai dengan Rp 14.330 per dollar AS.

Baca juga: Menengok Keadaan Mal di Jakarta, Banyak Tenant yang Tutup akibat Pandemi

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com