Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Level 3, Pengusaha: Rasa Khawatir Menghantui Pelaku Usaha...

Kompas.com - 08/02/2022, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di empat wilayah, yakni Jabodetabek, Bali, Bandung Raya dan Yogyakarta.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menilai penerapan PPKM level 3 tentu akan sangat mempengaruhi psikologi pelaku usaha karena akan diberlakukannya kembali pembatasan dan pengetatan berbagai aktivitas masyarakat dan operasional berbagai sektor usaha.

"Rasa khawatir, gelisah pasti akan menghantui pelaku usaha terlebih sektor-sektor tertentu yang baru merasakan gairah ekonomi 3-4 bulan terakhir karena hampir dua tahun mereka tidak bisa beroperasi," ujar Sarman saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Di Luar Jawa Bali, 37 Kabupaten dan Kota Kini Berstatus PPKM Level 3

Sarman menuturkan, bagi pengusaha tidak ada pilihan lain dan apapun yang menjadi keputusan pemerintah akan tetap dilaksanakan. Walau demikian, pengusaha juga berharap agar pemerintah melakukan evaluasi secara berkala agar dalam menerapkan PPKM level 3 tetap mempertimbangkan keberlangsungan dunia usaha.

Sarman juga menilai, dengan diberlakukannya kembali PPKM level 3 maka akan sangat berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2022 lantaran berbagai sektor usaha akan mengalami pembatasan jam operasional.

"Namun kita sangat berharap penerapan level 3 tidak berlangsung lama, semoga pada pertengahan bulan Maret nanti sudah dapat dikendalikan sehingga pemerintah dapat menurunkan level PPKM mengingat pada minggu pertama April 2022 kita sudah memasuki bulan Ramadhan atau puasa lanjut Idul Fitri," ungkap dia.

Momentum Idul Fitri ini, lanjut Sarman, harus bisa dimanfaatkan untuk menambah omzet dan profit para pelaku usaha yang berdampak pada naiknya konsumsi rumah tangga dan akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita juga mendorong dan mendukung penuh agar pemerintah terus mengenjot program suntikan booster kepada seluruh masyarakat utamanya di Jabodetak, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali untuk memperkuat imunitas masyarakat sehingga dampak omicron dapat diminimalkan. Termasuk juga satgas Covid-19 agar tetap aktif malakukan sosialisasi, pengawasan dan memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan," pungkasnya.

Baca juga: Jabodetabek, Yogyakarta, Bali dan Bandung Naik ke Status PPKM Level 3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com