Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen BUMN Sebut Merah Putih Fund Akan Diluncurkan di Kuartal II-2022

Kompas.com - 09/02/2022, 17:34 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo KOMPAS.com/ MOH NADLIR Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengumumkan, platform pendanaan bernama Merah Putih Fund akan diluncurkan pada kuartal II-2022.

Merah Putih Fund merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk meningkatkan partisipasi BUMN dalam pendanaan terhadap calon unicorn Indonesia.

Harapannya, para perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup) yang akan menjadi unicorn ini dapat bertahan dan terus berkembang di Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir Resmikan Merah Putih Fund, Jembatan Perusahaan Indonesia Kembangkan Startup

"Merah Putih Fund juga akan mendukung startup untuk tercatat di Bursa Efek Indonesia serta bisa menarik investor global untuk masuk," kata Kartika dalam acara Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Lebih lanjut, ada lima modal ventura dari kalangan BUMN yang akan menjadi investor awal Merah Putih Fund, yaitu Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures. Nilai komitmen awal pendanaan putaran pertama adalah sebesar 300 juta dollar AS.

Kartika menyebutkan, para modal ventura tersebut sudah berinvestasi di banyak startup. Keberadaan Merah Putih Fund ini memberikan peluang bagi para startup calon unicorn untuk mendapatkan pendanaan lanjutan, seperti Seri B, Seri C, maupun Seri D.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Jokowi Akan Resmikan Merah Putih Fund, Apa Itu?

Melalui Merah Putih Fund, pemerintah ingin memastikan bahwa para startup di Indonesia memiliki sumber pendanaan yang berasal dari domestik.

"Langkah ini juga bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang dapat menciptakan lebih banyak startup, lebih banyak unicorn, bahkan lebih banyak decacorn," ungkap Kartika.

Berdasarkan pemberitaan Kontan.co.id tanggal 12 Januari 2022, CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro menjelaskan, Merah Putih Fund dikhususkan bagi perusahaan soon to be unicorn (soonicorn) atau yang bervaluasi di atas 200 juta dollar AS.

Selain itu, ada juga beberapa kriteria yang ditetapkan supaya bisa memperoleh pendanaan, antara lain milik orang Indonesia, berdomisili di Indonesia, dan sudah memiliki roadmap untuk menuju IPO di Bursa Efek Indonesia. (Nur Qolbi)

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat, Aksi Net Buy Asing Mencapai Rp 1,4 Triliun

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Incar Calon Unicorn, Merah Putih Fund Bakal Diluncurkan Pada Kuartal II-2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com