Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Konstruksi Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Capai 60,82 Persen

Kompas.com - 10/02/2022, 18:57 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat progres konstruksi untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82 persen.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Hari Pratama menjelaskan, saat ini progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Japek II Selatan yang terdiri atas tiga seksi pekerjaan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Jokowi Optimistis Tol Binjai-Stabat Bisa Buat Harga Jeruk Lokal Kompetitif

"Sementara itu untuk progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18 persen, di mana dari jumlah tersebut untuk pembebasan lahan masing-masing seksi yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04 persen, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29 persen dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29 persen," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Mulai 25 Januari Ada Perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Pastikan Tidak Ada Penutupan

Jalan Tol Japek II Selatan dengan total investasi senilai Rp 14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun ini, diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya terdapat 7 gerbang tol (GT), yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Baca juga: Bangun Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Dapat Suntikan PMN Rp 23,85 Triliun

Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.

Hari juga menjelaskan, dalam membangun Jalan Tol Japek II Selatan dari Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi), proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

Baca juga: KCIC Ungkap Ada 3 Kendala Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com