Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Tensi Rusia-Ukraina, Harga Minyak Dunia Bisa Tembus 120 Dollar AS Per Barrel

Kompas.com - 11/02/2022, 06:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia diprediksi terus menguat, seiring dengan semakin panasnya tensi antara Rusia dan Ukraina.

JPMorgan bahkan memproyeksikan, harga minyak bisa mencapai level 120 dollar AS atau setara sekitar Rp 1,7 juta per barrel, apabila ekspor Rusia terganggu oleh konflik dengan Ukraina.

"Segala bentuk disrupsi yang mengganggu pasokan minyak dari Rusia, dalam konteks kapasitas cadangan yang rendah di wilayah lain, dapat dengan mudah membuat harga minyak ke level 120 dollar AS," ujar Head of Global Commodities Strategy JPMorgan, Natasha Kaneva, dilansir dari CNN, Jumat (10/2/2022).

Baca juga: Krisis Energi Kian Buruk, Harga Minyak Dunia Terus Melonjak

Lonjakan harga tersebut pada akhirnya akan mengkerek harga bahan bakar minyak (BBM). Sementara, harga bensin di Amerika Serikat saat ini telah mencapai level tertinggi dalam kurun waktu 7 tahun terakhir.

Raksasa bank investasi multinasional itu juga mewanti-wanti harga minyak mentah acuan global, Brent, yang berpotensi melesat ke level 150 dollar AS per barrel, apabila ekspor minyak mentah Rusia turun hingga 50 persen.

Baca juga: Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Harga Minyak Dunia

Tensi antara Rusia dengan Ukraina telah mendorong harga minyak mentah selama beberapa pekan terakhir. Pada awal pekan ini, harga minyak mentah acuan Brent mencapai level tertingginya dalam kurun waktu 7 tahun terakhir di level 94 dollar AS per barrel.

Rusia memang memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan harga minyak mentah, mengingat Negara Beruang Putih itu merupakan produsen minyak dan gas alam terbesar kedua, hanya kalah oleh Amerika Serikat.

Konflik dengan Ukraina berpotensi merusak infrastruktur migas Rusia. Hal ini lah yang dikhawatirkan dapat mendongkrak harga minyak mentah global.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Sentuh Level Tertinggi Dalam Setahun Terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com