Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pesan Tiket Bus Online di Traveloka

Kompas.com - 13/02/2022, 17:22 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembelian tiket bus atau travel kini bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu pergi ke terminal. Misalnya, dengan pesan tiket bus online di aplikasi Traveloka.

Sama seperti pesan tiket kereta api dan pesawat, layanan pembelian tiket transportasi darat ini juga tersedia di aplikasi Traveloka yang bisa diunduh di ponsel.

Pengguna aplikasi Traveloka dapat memesan tiket bus dan travel sejak tiga bulan hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Namun, kebijakan ini tergantung masing-masing operator bus.

Hingga saat ini, Traveloka telah bekerja sama dengan sejumlah operator bus dan travel untuk melayani rute-rute ke berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Ini Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Traveloka

Operator bus yang bisa dipesan tiketnya, di antaranya Pahala Kencana, Damri, Primajasa, Sinar Jaya, Gunung Harta, Lorena, Handoyo, Kramat Djati, Sumber Alam, hingga Sempati Star.

Sementara untuk operator travel yang bisa dipesan, di antaranya DayTrans, BigBird, Joglosemar, MR Trans, Citi Trans, Bhinneka Shuttle, hingga Pasteur Trans.

Harga tiket bus dan travel yang ditawarkan pun beragam. Dengan aplikasi Traveloka, pengguna bisa memilih jenis dan harga tiket bus yang sesuai dengan tujuan dan keinginannya.

Selain itu, metode pembayaran untuk pesan tiket bus online di Traveloka bisa melalui metode transfer bank, kartu kredit, pembayaran tunai, atau Traveloka PayLater.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

Pembelian tiket bus online ini sebenarnya sangat membantu masyarakat yang ingin pesan tiket bus dengan mudah. Namun, masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui caranya.

Ilustrasi Bus DAMRI baru rute Jakarta - Banyuwangi. Masyarakat dapat pesan tiket bus Damri di aplikasi Traveloka. Dengan pesan tiket bus online, masyarakat bisa membandingkan harga tiket bus dan memilihnya sesuai yang diinginkan.Dok. DAMRI Ilustrasi Bus DAMRI baru rute Jakarta - Banyuwangi. Masyarakat dapat pesan tiket bus Damri di aplikasi Traveloka. Dengan pesan tiket bus online, masyarakat bisa membandingkan harga tiket bus dan memilihnya sesuai yang diinginkan.

Cara Pesan Tiket Bus Online di Traveloka

Jika ingin memesan tiket bus dan travel di aplikasi ini, pastikan telah mengunduh aplikasi Traveloka di ponsel melalui Google Play Store maupun Apple App Store.

Kemudian, pengguna bisa melakukan pendaftaran akun Traveloka terlebih dahulu. Jika sudah, pengguna bisa mengikuti cara pesan tiket bus online berikut ini, dilansir dari laman Traveloka.com:

  1. Buka aplikasi atau website Traveloka.
  2. Pilih menu Tiket Bus & Travel.
  3. Masukkan lokasi keberangkatan dan tujuan, pilih tanggal keberangkatan dan jumlah kursi yang akan dipesan.
  4. Pilih bus yang tersedia yang sesuai dengan keingginan pengguna.
  5. Periksa rincian bus atau travel yang akan dipesan, seperti fasilitas, ulasan dari penumpang, rute, dan harga tiket bus. Jika sudah sesuai, klik Pilih.
  6. Lengkapi detail pemesanan.
  7. Pilih kursi apabila tersedia opsi pemilihan kursi bus. Tapi jika tidak ada, maka operator bus atau travel yang akan memilihkan kursinya.
  8. Lakukan pembayaran sesuai nominal dan metode pembayaran yang sudah dipilih.

Baca juga: Cara Pesan, Refund, dan Reschedule Traveloka Tiket Kereta Api Online

Aplikasi Traveloka akan otomatis mengirimkan e-tiket ke e-mail atau aplikasi Traveloka begitu pembayaran terkonfirmasi. E-tiket ini akan digunakan untuk naik bus atau travel di tanggal keberangkatan.

Tips jika ingin pesan tiket bus online saat masa liburan, usahakan melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Sebab, pada masa liburan penjualan tiket bus cepat habisnya.

Apabila ingin melakukan perjalanan di tengah pandemi Covid-19, baiknya membaca syarat dan ketentuan naik bus dan travel terbaru.

Demikian cara pesan tiket bus online di aplikasi Traveloka yang dapat dijadikan opsi jika masyarakat malas pesan tiket bus di terminal. Sebab dengan aplikasi ini, masyarakat dapat membandingkan harga tiket bus dan memilih operator bus sesuai dengan yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com