Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Saham Paling Banyak Diborong Asing, 3 Bank BUMN Ini Paling Laris

Kompas.com - 14/02/2022, 07:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menembus level psikologis, 6.800 pada penutupan akhir pekan lalu, turut ditopang oleh aksi beli bersih asing di pasar modal tanah air. Tercatat net buy asing dalam sepekan senilai Rp 7,6 triliun dengan porsi terbesar masuk ke perusahaan plat merah.

Adapun 10 saham yang laris diborong asing dalam sepekan, di posisi pertama adahal Bank Rakyat Indonesia (BBRI) yang mencatatkan net buy asing senilai Rp 2,4 triliun, dengan total transaksi Rp 5 triliun. Adapun volume saham yang ditransaksikan dalam seminggu sejumlah 1,1 miliar saham.

Bank pelat merah selanjutnya yang mencatatkan aksi net buy terbesar, Bank Negara Indonesia (BBNI) dan Bank Mandiri (BMRI). BBNI mencatat net buy asing sebesar Rp 809,6 miliar dengan transaksi Rp 1,9 triliun dalam sepekan. Sementara BMRI mencatat aksi beli bersih asing sebesar Rp 582 miliar dengan total transaksi Rp 2 triliun.

Baca juga: IHSG Sepekan Sentuh Level 6.800, Kapitalisasi Pasar Jadi Rp 8.587 Triliun

Telkom Indonesia (TLKM) yang juga merupakan perusahaan pelat merah, di sektor telekomunikasi juga mencatatkan aksi beli bersih asing yang cukup tinggi, hampir mencapaI Rp 1 triliun, tepatnya Rp 941,9 miliar dengan total transaksi sepekan Rp 2,7 triliun.

Posisi kelima, ditempati oleh perusahaam milik Robert Budi Hartono dan Michael Hartono yakni Bank Central Asia (BBCA) dengan net buy asing sebesar Rp 558,9 miliar dengan total transaksi Rp 3,1 triliun. Seperti diketahui duo bersaudara Hartono memiliki mayoritas saham atau sebagai pengendali BBCA, melelaui PT Dwimuria Investama Andalan, dengan komposisi kepemilikan 54 persen.

Adaro Energy (ADRO) menempati posisi ke enam, dengan net buy asing senilai Rp 202,2 miliar dan transaksi sepekan sejumlah Rp 1,4 triliun. United Tractors (UNTR) juga laris diborong asing semjulah Rp 167,3 miliar dengan total transaksi Rp 465 miliar. Posisi kedelapan ditempati oleh Merdeka Copper Gold (MDKA) dengan net buy asing sebesar Rp 198 miliar, dan total transaksi sepekan Rp 932,3 miliar.

Dilanjutkan oleh Aneka Tambang (ANTM) dengan total transaksi Rp 1,1 triliun dan net buy asing mencapai Rp 70,9 miliar. Posisi terakhir, ditmpati oleh Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) yang mencatat aksi beli bersih asing Rp 49,4 dan total transaksi dalam seminggu Rp 238,9 miliar.

Sebagai informasi, dalam sepekan kapitalisasi bursa menembus Rp 8.587,7 triliun atau meningkat 1,17 persen dari Rp 8.488,3 triliun pada pekan sebelumnya. Hal ini juga terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) yang juga meningkat 11,52 persen menjadi Rp 13,59 triliun dari minggu sebelumnya Rp 12,194 triliun.

Baca juga: 10 Saham Paling Cuan Dalam Sepekan, Ada Perusahaaan Hary Tanoe hingga BRI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com