Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komposisi Dana Murah BRI Tembus 63,3 Persen, Biaya Dananya Turun Jadi 2,05 Persen

Kompas.com - 15/02/2022, 19:32 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mencatat, komposisi dana murah atau current account saving account (CASA) perseroan tumbuh signifikan sepanjang tahun lalu.

Dengan capaian tersebut, operasional bisnis bank dengan kode emiten BBRI itu semakin efisien, tercermin dari penurunan biaya dana atau cost of fund (CoF).

Tercatat CASA BRI meningkat 11,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 642,2 triliun pada 2020 menjadi Rp 714 triliun pada 2021. Realisasi tersebut mendongkrak rasio CASA BRI, dari 59,66 persen pada 2020 menjadi 63,08 persen pada tahun 2021.

Baca juga: Syarat dan Cara Buka Rekening BRI Online Antiribet

Adapun total DPK di bank terbesar di Indonesia ini menembus Rp 1.138,7 triliun, di mana tabungan mendominasi sebesar Rp 497,68 triliun, giro tercatat sebesar Rp 220,59 triliun, dan deposito sebesar Rp 420,48 triliun.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, DPK yang tumbuh ini merupakan bentuk peningkatan kepercayaan nasabah terhadap BRI.

Dana yang dihimpun tersebut, kata Handayani, tentu menjadi modal yang kuat bagi perseroan untuk menggenjot perekonomian melalui penyaluran kredit.

“Kami telah berhasil memperbaiki struktur pendanaan sehingga dapat berimplikasi positif terhadap efisiensi biaya dana," kata dia, dalam keterangannya, Selasa (15/2/2022).

"Tentu saja ini adalah hasil kerja keras Insan BRILian dalam memberikan nilai lebih bagi nasabah, sehingga kami mampu menjaga kepercayaan masyarakat untuk menyimpan dananya di BRI," tambahnya.

Postur liabilitas yang terjaga tersebut membuat CoF BRI secara bank only bertengger di level 2,05 persen atau turun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 3,22 persen.

Baca juga: 10 Saham Paling Cuan Dalam Sepekan, Ada Perusahaaan Hary Tanoe hingga BRI

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com