Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Jepang Akuisisi 25 Persen Saham KEEN

Kompas.com - 16/02/2022, 18:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Investor asal Jepang, TEPCO Renewable Power, Inc resmi mengakuisisi 25 persen saham PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) senilai Rp 394,12 miliar.

Melalui kesepakatan akusisi, TEPCO RP yang merupakan investor strategis asal Jepang, resmi memilih KEEN sebagai afiliasi dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

“Langkah ini menandai investasi pertama TEPCO Renewable Power, Inc. di perusahaan energi baru terbarukan di luar Jepang yang mengelola beberapa perusahaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan. Akuisisi saham KEEN merupakan langkah strategis TEPCO RP dan terobosan besar bagi TEPCO RP," kata Presiden Direktur TEPCO RP, Fubasami Seiichi melalui siaran pers, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Kisruh Defisit Batu Bara Domestik, Alarm untuk Percepatan Transisi ke Energi Baru Terbarukan

Pasca akuisisi, komposisi pemegang saham KEEN masing-masing TEPCO RP 25 persen, PT Paramata Indah Lestari (PIL) selaku pendiri 30,3 persen, serta pemegang saham lain (termasuk publik) sebesar 44,7 persen. Sebelum akusisi, porsi PT PIL 30,3 persen dan pemegang saham lain, termasuk publik, sebesar 69,7 persen.

Wakil Presiden Direktur KEEN, Wilson Maknawi mengatakan, kehadiran TEPCO RP menjadi jawaban atas upaya manajemen dalam 2-3 tahun terakhir dalam rangka mengembangkan bisnis Perseroan.

“TEPCO RP dipilih menjadi investor strategis karena punya kesamaan visi dengan KEEN dalam mengembangkan energi hijau sekaligus memberi nilai tambah bagi pemegang saham Perseroan,” ujar Wilson.

Di sisi lain, terobosan TEPCO RP juga diharapkan menjadi mitra yang tepat untuk pengembangan potensi energi baru terbarukan di Indonesia, dan memantapkan rencana jangka pendek KEEN, yakni membangun pembangkit listrik tenaga air baru dengan total kapasitas 200MW.

“Dalam jangka menengah-panjang, KEEN berencana mengembangkan proyek-proyek baru di bidang energi baru terbarukan dengan target kapasitas sekitar 500MW,” lanjut Wilson.

Salah satu unit bisnis TEPCO RP yang cukup dikenal, seperti Kannagawa Hydro Power Plant, terletak di Gunma Prefecture, Jepang. TEPCO RP juga berkomitmen selain menghadirkan pemahaman baru di bidang energi baru terbarukan, juga teknologi baru di bidang operasi maupun pemeliharaan.

“Kami akan berkontribusi pada pengoperasian pembangkit listrik tenaga air yang ada yang dioperasikan oleh anak perusahaan KEEN. TEPCO RP sedang mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam pengembangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek energi baru dan terbarukan di Indonesia,” kata Presiden Direktur TEPCO RP, Fubasami Seiichi.

Dengan investasi TEPCO RP diharapkan juga mampu mendorong kinerja KEEN di tahun 2022. Tahun ini, KEEN menargetkan bisa membukukan pendapatan sebesar 21,5 juta dollar AS dan laba bersih sebesar 8,1 juta dollar AS. Sampai dengan kuartal III-2021, pendapatan KEEN tercatat 26,6 juta dollar AS dan laba bersih 3,1 juta dollar AS.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Baca juga: Pacu Emisi Nol Karbon 2060, RI Kerja Sama Transisi Energi dengan Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com