Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan Air Shuttle dari 3 Bandara ke Lombok Saat Ajang MotoGP

Kompas.com - 16/02/2022, 18:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan air shuttle ke Lombok untuk mengantisipasi tingginya trafik penerbangan selama gelaran MotoGP 2022.

Air shuttle ini akan terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandara Internasional Juanda (Surabaya), dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (Denpasar).

Seperti diketahui, ajang balap motor kelas dunia tersebut akan berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang 18-20 Maret 2022.

Baca juga: Kemenhub Ungkap Ada 3 Proyek Perkeretaapian Prioritas di 2022

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, pada dasarnya pemerintah telah menyediakan delapan rute penerbangan domestik yang dihubungkan ke Lombok. Namun, jika penerbangan itu tidak cukup maka diantisipasi dengan pengadaan air shuttle ke Lombok.

"Kami sudah koordinasikan dengan operator penerbangan, apabila banyak penonton MotoGP yang dari Denpasar, Jakarta, atau Surabaya, itu kami antisipasi dengan air shuttle ke Lombok," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: PT PP Genjot Pembangunan Fasilitas Penunjang MotoGP Mandalika

Ia menjelaskan, air shuttle tersebut dapat menggunakan pesawat propeller atau jet. Secara rinci, untuk air shuttle rute Jakarta menuju Lombok dapat ditempuh sekitar satu jam 55 menit.

Lalu air shuttle rute Surabaya menuju Lombok memiliki waktu tempuh 45 menit, sedangkan air shuttle rute Denpasar menuju Lombok dapat ditempuh dengan hanya sekitar 30 menit.

Novie mengatakan, proyeksi total penumpang pesawat yang menonton MotoGP pada hari H sekitar 13.290 orang. Sementara kapasitas landing pesawat untuk kategori wide body dalam kurun waktu 4 jam bisa mencapai 14.400 orang untuk 30-40 kali landing.

Baca juga: PLN Jamin Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Pramusim MotoGP Mandalika

"Jadi ini akan menambah kapasitas. Karena kami tahu sebagian penonton juga akan stay di Bali selama gelaran MotoGP, maka kami siap melayani penumpang untuk antarkan ke Lombok, dan kami juga siapkan shuttle bus dari bandara ke lokasi sirkuit," jelas dia.

Sebagai informasi, jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan mencapai 60.0000-65.000 orang. Bandara Lombok sendiri memiliki kapasitas terminal untuk 3.250 penumpang per jam, sedangkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali memiliki kapasitas terminal domestik 3.706 penumpang per jam dan terminal internasional 13.534 penumpang per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com