Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Kadin: Sektor Padat Karya Makin Baik Tahun Ini

Kompas.com - 16/02/2022, 20:15 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri Bobby Gafur Umar menilai kinerja industri cukup baik pada 2021.

Kinerja beberapa sektor padat karya yang sejalan dengan program pemerintah diprediksi makin baik pada 2022. Ditambah lagi, saat pemerintah mempercepat vaksinasi booster.

"Vaksinasi booster dan penanganan pandemi yang tepat selama ini sudah sangat baik menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi. Dampak Omicron diperkirakan kecil terhadap faktor-faktor parameter pertumbuhan ekonomi," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2022).

Baca juga: Ekonomi RI 2023 Dipatok Tumbuh hingga 5,9 Persen, Ditopang Konsumsi

Bobby mengatakan, kebijakan Presiden Joko Widodo mengendalikan Covid-19 lewat vaksinasi booster dinilai membuat Indonesia lebih siap menghadapi pandemi gelombang ketiga, khususnya varian Omicron.

PT HM Sampoerna Tbk merupakan salah satu perusahaan padat karya yang turut mendorong akses vaksinasi booster bagi karyawannya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: Kimia Farma: Sertifikat Vaksin Booster Sinopharm Sudah Bisa Diakses di PeduliLindungi

Direktur HM Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, pada tahap awal, perusahaannya telah menyiapkan sebanyak sekitar 26.000 dosis booster Sinopharm untuk para karyawannya.

Proses vaksinasi booster telah dilakukan sejak awal Februari 2022 bagi karyawan, dimulai dari Karawang dan akan dilanjutkan bagi fasilitas lainnya.

"Secara prinsip, langkah ini merupakan fokus utama dan prioritas perusahaan demi melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja. Kami meyakini upaya mempercepat vaksinasi adalah langkah krusial dalam pengendalian Covid-19 khususnya di tengah kemunculan varian baru Omicron," kata Elvira.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Covid-19 Bukan Pandemi Terakhir, Negara G20 Harus Siap-siap

Elvira menjelaskan, Sampoerna berupaya agar seluruh karyawan yang memenuhi syarat dapat menerima vaksin booster pada akhir Juni 2022.

Pekerja yang dapat menerima vaksin booster yang difasilitasi oleh Sampoerna adalah karyawan yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua setidaknya enam bulan sebelumnya.

Sama seperti syarat vaksinasi booster dari pemerintah, pekerja juga harus memiliki e-tiket vaksin ketiga yang dapat diakses melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: RI Ekspor Mobil ke Australia, Jokowi: Pandemi Buka Peluang Pasar-pasar Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com