Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Indonesia Care, PDGI Siapkan Huntara untuk Pengungsi Semeru

Kompas.com - 19/02/2022, 10:11 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggandeng lembaga kemanusiaan Indonesia Care untuk membangun hunian sementara (Huntara) bagi penyintas Semeru

"PDGI ingin kembalikan senyum ceria warga terdampak erupsi Semeru sebelum Ramadhan tiba,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PDGI Sri Hananto Seno dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Untuk diektahui, saat ini masih ada ribuan korban erupsi Semeru yang masih menempati tenda-tenda pengungsian.

Mereka yang masih tinggal di pengungsian sebagaian besar adalah yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda pada erupsi yang terjadi lebih kurang dua bulan lalu itu.

“Kami merasa perlu ikut berpartisipasi dalam program recovery Semeru karena banyak di antara para korban tak tahu lagi harus ke mana dan bagaimana menjalani hidup ke depan pasca kehilangan segala-galanya," tambahnya.

Sebagai informasi, PDGI memilih menggandeng Indonesia Care karena lembaga tersebut resmi ditetapkan sebagai salah satu yang mendapat kepercayaan pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Kami (juga telah) mengenal individu-individu di dalamnya. Insya Allah amanah,” imbuhnya.

Ia berharap, program sosial seperti ini juga dapat diteruskan oleh pengurus PDGI terpilih selanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam merealisasikan program PDGI Peduli untuk pengungsi Semeru, pihaknya turut menggandeng sejumlah mitra perusahaan.

Sebagai informasi, Indonesia Care akan membangun 15 unit Huntara. Tiap unit Huntara memiliki luas 4,8 meter x 6 meter. Hunian terbuat dari galvalum atau baja ringan sesuai spesifikasi yang ditentukan oleh Bupati Lumajang.

Penandatanganan kerja sama PDGI dan Indonesia Care untuk membangun Huntara bagi para korban erupsi Semeru yang saat ini masih tinggal di tenda-tenda pengungsian. Penandatanganan dilakukan di Grha PDGI, Utan Kayu, Jakarta Timur pada Jumat (18/2/2022).Dok Humas PDGI Penandatanganan kerja sama PDGI dan Indonesia Care untuk membangun Huntara bagi para korban erupsi Semeru yang saat ini masih tinggal di tenda-tenda pengungsian. Penandatanganan dilakukan di Grha PDGI, Utan Kayu, Jakarta Timur pada Jumat (18/2/2022).

Pada tahap awal pembangunan, PDGI berkomitmen membantu pendanaan untuk 5 unit Huntara atau bisa lebih seiring waktu berjalan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Care Lukman Azis, menyampaikan apresiasinya.

"Insya Allah kami akan segera realisasikan pembangunan Huntara dari PDGI di kawasan relokasi resmi yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Lumajang, yaitu di Desa Sumber Mujur," ujar Lukman.

Lukman optimistis, Huntara dapat selesai dibangun sebelum Ramadhan.

"Kami (akan) melibatkan puluhan personel relawan konstruksi untuk mempercepat pembangunan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com