Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakau Dinilai Berkontribusi bagi Kemandirian Perempuan, Kok Bisa?

Kompas.com - 21/02/2022, 18:12 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kontribusi tembakau bagi negeri tak hanya sekadar penerimaan negara dari cukai hasil tembakau, tetapi juga berdampak besar terhadap pemberdayaan masyarakat.

Artinya, tembakau merupakan komoditi pertanian yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau (APTI) Soeseno mengatakan, tembakau merupakan komoditas pertanian yang perannya berhasil memberdayakan masyarakat.

"Bahkan tembakau menjadi kontributor utama pembangunan daerah, contohnya Medan lewat Tembakau Deli dan Jember melalui Tembakau Besuki Na Oogst,” katanya dam siaran persnya, Senin (21/2/2022).

Baca juga: Cukai Rokok Naik, Anggota Komisi XI DPR Minta Pemerintah Adil ke Petani Tembakau

Soeseno mengatakan dari generasi ke generasi, tembakau telah menjadi sumber pendapatan utama yang meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Jember, bahkan berkontribusi pada kinerja ekspor nasional.

Tembakau merupakan komoditas unggulan dan Indonesia merupakan salah satu produsen yang terkenal di dunia. Tembakau kualitas terbaik Jember, seperti tembakau kasturi, diekspor ke Jepang dan Eropa sebagai bahan baku utama cigar.

“Tembakau menjadi satu-satunya harapan penopang ekonomi masyarakat Jember. Tembakau pun berhasil mengangkat derajat para perempuan menjadi sosok yang mandiri,” katanya.

Baca juga: Jelang Kenaikan Cukai Rokok, Simak Rekomendasi Analis Terkait Saham Emiten Tembakau

Industri hasil tembakau yang banyak mempekerjakan pekerja perempuan sebagai pelinting rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT), merupakan salah satu contoh nyata peran tembakau dalam mendorong kemandirian perempuan.

Pekerja perempuan dengan latar belakang pendidikan dan perekonomian yang terbatas menjadi berdaya dengan hadirnya industri SKT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com