Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga 3 Persen hingga Juni, Simak Syarat Pengajuan KUR Mandiri 2022

Kompas.com - 01/03/2022, 09:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri diadakan untuk memudahkan pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan modal. Apa syarat pengajuan KUR Bank Mandiri?

KUR Mandiri 2022 merupakan wujud dari program pemerintah untuk membantu pembiayaan usaha kepada pelaku UMKM melalui lembaga keuangan bank.

KUR yang dimulai sejak November 2007, merupakan upaya pemerintah mempercepat pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM dengan meningkatkan daya saing UMKM.

Tahun ini pemerintah memperpanjang subsidi bunga KUR 3 persen hingga Juni mendatang dan meningkatkan plafon KUR menjadi Rp 373,17 triliun.

Baca juga: KPR Mandiri: Syarat, Jenis Biaya, dan Simulasinya

Kedua upaya tersebut dilakukan pemerintah agar pelaku UMKM dapat memanfaatkannya di tengah kesulitan pandemi Covid-19.

KUR Mandiri 2022 dapat menjadi salah satu opsi untuk pelaku UMKM mendapatkan pinjaman modal sesuai kemampuannya.

Sebab, pemohon dapat mengajukan KUR Bank Mandiri yang terdiri dari lima jenis yang dapat dipilih pemohon sesuai jenis usaha dan besaran pinjaman.

Jenis KUR Mandiri

KUR Mandiri merupakan pendanaan khusus UMKM yang feasible tapi belum terjangkau oleh layanan bank.

Baca juga: Cara Menggunakan Simulasi KPR BTN, BCA, Mandiri, dan BNI

KUR Bank Mandiri bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan.

Dilansir dari laman bankmandiri.co.id, terdapat lima jenis KUR Bank Mandiri, yaitu:

  1. KUR Mandiri Super Mikro, memiliki limit kredit maksimal Rp 10 juta dan jangka waktu untuk kredit modal kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan kredit investasi (KI) maksimal 5 tahun.
  2. KUR Mandiri Mikro, memiliki limit kredit lebih dari Rp 10 juta dan maksimal Rp 50 juta. Jangka waktunya untuk KMK maksimal 3 tahun dan KI maksimal 5 tahun.
  3. KUR Mandiri Kecil, memiliki limit kredit lebih dari Rp 50 juta dan maksimal Rp 500 juta. Jangka waktunya untuk KMK maksimal 4 tahun dan KI maksimal 5 tahun.
  4. KUR Mandiri Penempatan TKI, memiliki limit kredit maksimal Rp 25 juta. Jangka waktunya sama dengan masa kontrak kerja dan tidak lebih dari 3 tahun.
  5. KUR Mandiri Khusus, memiliki limit kredit maksimal Rp 500 juta. KUR Bank Mandiri ini khusus untuk kelompok yang dikelola bersama menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat serta UMKM dan komoditas sektor produktif lainnya. Jangka waktunya untuk KMK maksimal 4 tahun dan KI maksimal 5 tahun.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Melalui Ponsel

Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri diadakan untuk memudahkan pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan modal. Apa syarat pengajuan KUR Bank Mandiri terbaru?freepik.com Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri diadakan untuk memudahkan pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan modal. Apa syarat pengajuan KUR Bank Mandiri terbaru?

Syarat pengajuan KUR Mandiri 2022

Dilansir dari laman bankmandiri.co.id, terdapat beberapa syarat pengajuan KUR Mandiri 2022 yang harus dipenuhi oleh pemohon, yaitu:

1. KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus

  • Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
  • Kartu KTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  • NPWP untuk limit diatas Rp 50 juta.

2. KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia

  • Kartu KTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP.
  • Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia.
  • Perjanjian Kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan.

Baca juga: Cara Daftar SMS Banking Mandiri dan Format Transaksinya

Sebagai informasi, agunan KUR Mandiri adalah obyek yang dibiayai.

Kemudian terdapat agunan tambahan untuk KUR Mandiri Super Mikro, KUR Mandiri Mikro, dan KUR Mandiri Kecil hingga Rp 100 juta.

Sementara, untuk KUR Mandiri Kecil lebih dari Rp 100 juta disyaratkan tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor sesuai dengan ketentuan bank.

Cara pengajuan KUR Bank Mandiri 2022 dapat dilakukan di kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen persyaratan.

Baca juga: Daftar Kode Bank 4 BUMN: BRI, BNI, BTN, Mandiri

Demikian persyaratan KUR Mandiri 2022 yang dapat dipilih pelaku UMKM berdasarkan jenis KUR Bank Mandiri yang diajukan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com