Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Naik, Hari Ini Harga BBM Pertamina Dex Jadi Rp 13.700-Rp 14.300 Per Liter

Kompas.com - 04/03/2022, 15:15 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) telah resmi menaikkan harga beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) per 3 Maret 2022, salah satunya Pertamina Dex. Kenaikan ini sebagai imbas dari naiknya harga minyak mentah dunia.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, penyesuaian harga BBM dilakukan karena harga minyak mentah dunia yang terus melonjak. Hari ini minyak mentah dunia bahkan sudah menembus level 110 dollar AS per barrel.

Kenaikan ini juga telah sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Manajemen: Api Sudah Padam, Tetap Beroperasi Normal

"Penyesuaian mengikuti harga market global dan sesuai ketentuan Kementerian ESDM, dan harga akan di-review rutin setiap dua minggu," ujar Irto kepada Kompas.com, dikutip pada Jumat (4/3/2022).

Kenaikan harga BBM nonsubsidi ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini. Pada 12 Februari 2022, Pertamina sudah menaikkan harga BBM-nya, menyusul operator lain yang sudah lebih dahulu menyesuaikan harga BBM di tengah lonjakan harga minyak mentah dunia.

"Meskipun operator lain sudah menyesuaikan harga lebih dulu, harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif," tambah Irto.

Untuk diketahui, kenaikan harga Pertamina Dex beragam di masing-masing provinsi. Ada 3 harga Pertamina Dex yang tersedia, yakni Rp 13.700 per liter dari sebelumnya Rp 13.200 per liter, lalu Rp 14.000 per liter dari sebelumnya Rp 13.450 per liter, dan Rp 14.300 per liter dari sebelumnya Rp 13.700 per liter.

Baca juga: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Harga Minyak Dunia Sempat Sentuh Level Tertinggi sejak 2008

Berikut perincian harga terbaru Pertamina Dex di berbagai wilayah di Indonesia:

  • Pertamina Dex Rp 13.700 per liter berlaku di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Pertamina Dex Rp 14.000 per liter berlaku di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.
  • Pertamina Dex Rp 14.300 per liter berlaku di Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Kodya Batam (FTZ).

Baca juga: Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 72.804 Per Kilogram, Berikut Harga Pangan Jakarta Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com