Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Ingin Berkontribusi Pembangunan IKN Nusantara, Luhut Langsung Bentuk Tim Terpadu

Kompas.com - 07/03/2022, 06:36 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan membawa sederet cerita saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Riyadh, Arab Saudi baru-baru ini. Luhut bertemu dengan Pangeran Putra Mahkota Raja Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Saat bertemu dengan Mohammed bin Salman, Luhut menyampaikan seluruh pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bak gayung bersambut, Arab Saudi berkeinginan ikut serta dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

"Saya makin merasa optimis ketika mendengar bahwa beliau ingin Arab Saudi ikut berkontribusi pada pembangunan IKN Nusantara, serta yang tak kalah penting, Arab Saudi akan bergabung dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia (INA)," kata dia lewat keterangan serta unggahan dalam akun Instagram resminya, Senin (7/3/2022).

Baca juga: Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Luhut Paparkan IKN Nusantara hingga Energi Baru Terbarukan

Tidak hanya terlibat pembangunan IKN Nusantara, Arab Saudi juga tertarik dalam hal investasi energi.

"Saya pun tidak merasa canggung untuk bertukar pikiran dengan beliau karena saya yakin kami berdua punya visi dan misi yang sama, yaitu ingin kedua negara sahabat ini semakin maju dan berkembang Ipteknya tanpa bergantung lagi pada energi fosil. Bahkan Pangeran Mohammed bin Salman menyetujui semua pesan yang dititipkan oleh Presiden @jokowi kepada saya," tutur Luhut.

Luhut yang sempat menjadi Mantan Kepala Staf Kepresidenan Jokowi ini pun bergegas membentuk tim. Tujuan dari tim ini tak lain untuk menindaklanjuti pertemuan serta pembicaraan keinginan Arab Saudi berinvestasi di Indonesia.

"Tak mau melewatkan kesempatan baik ini, saya berinisiatif untuk membentuk tim terpadu yang dalam kurun waktu minggu depan sudah berangkat ke Riyadh untuk follow up seluruh pembicaraan kita hari ini agar kami bisa langsung set up kunjungan pihak Kerajaan Arab Saudi ke Indonesia sebelum bulan Ramadan," ujarnya.

Luhut melalui postingan IG-nya tersebut menunjukkan satu cendera mata yang diberikan oleh Pangeran Putra Mahkota Raja Arab Saudi, berupa kiswah. Dengan membawa oleh-oleh dari Arab Saudi, menurut Luhut sebagai pembuktian bahwa jalinan kerja sama antar negara lain tidak memandang latar belakang.

"Di perjalanan pulang menuju Indonesia, saya dititipkan cendera mata untuk dibawa ke Indonesia berupa kiswah atau potongan kain Ka'bah dan juga replika kunci Ka'bah. Saya kira, persahabatan harus lah seperti itu. Rasa percaya harus diletakkan di atas segalanya, tak jadi soal agama, ras, suku bangsa mana kita berasal. Selama kita punya kepentingan yang sama yaitu mengedepankan kemanusiaan dan kesejahteraan seluruh bangsa demi menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik untuk diwarisi oleh anak cucu kita di masa depan," katanya.

Baca juga: Luhut Sebut Negara Tetangga Tuding Indonesia Memanipulasi Data Kasus Omicron

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com