Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Pertumbuhan UMKM di Era Digital, Fintech KreditPro Gandeng Reliance Finance

Kompas.com - 07/03/2022, 14:57 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Fintech lending KreditPro teken kerja sama "channeling" dengan Reliance Finance untuk memacu efektivitas penyaluran kredit terutama ke sektor UMKM di Indonesia pada 2 Maret 2022 lalu.  

Hal ini sesuai dengan target pemerintah untuk memperbanyak penyaluran kredit ke UMKM Tanah Air. 

Sebelumnya berdasarkan data Bank Indonesia (BI), sepanjang 2021 kredit ke sektor UMKM tumbuh 12,3 persen year on year (yoy) menjadi Rp 1.147,3 triliun.

Baca juga: Terus Melesat, Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 295,8 Triliun

 

Namun, jumlah tersebut masih kurang dari 20 persen dari total penyaluran kredit perbankan sepanjang 2021, yakni sebesar Rp 5.755,7 triliun. 

"KreditPro yakin kerja sama ini akan memberi dampak yang positif bagi kedua perusahaan dan terutama bagi para pelaku UMKM di Indonesia,” ungkap Vice President KreditPro Rizky Jonathan melalui rilis, Senin (7/3/2022). 

Direktur Utama Reliance Finance Imam Pribadi menambahkan, perusahaannya baru-baru ini menjadi perusahaan pembiayaan pertama di luar BUMN yang dipercaya untuk menyalurkan program Ultra Mikro (UMi) di Indonesia.

“Kerja sama yang kami bangun tentu mengedepankan kemitraan yang saling menguntungkan dan melengkapi keunggulan masing-masing perusahaan dengan berfokus pada pertumbuhan sektor UMKM dan digitalisasi keuangan di Indonesia,” kata Iman.

Baca juga: Semakin Banyak Orang Meminjam dari Fintech Lending Selama Pandemi

Manfaat kerja sama channeling

Menurut Jonathan, dengan skema kerja sama channeling ini dapat memberikan akses finansial yang semakin luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Kemudian, kerja sama ini juga dapat meningkatkan rasio penyaluran kredit untuk sektor UMKM. 

Kerja sama ini juga dapat menaikkan plafon kredit UMKM, serta meningkatkan jumlah pelaku UMKM yang mengakses pembiayaan KUR di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, KreditPro dan Reliance Finance juga berharap dapat mendukung perkembangan ekonomi berbasis kerakyatan melalui pembiayaan segmen UMKM, yang menjadi salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com