Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Nasabah Loyal BTN Melesat, Apa Pemicunya?

Kompas.com - 07/03/2022, 16:06 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara atau BTN (Persero) Tbk mencatat, jumlah nasabah loyal perseroan meningkat signifikan. Ini terefleksikan dari meningkatnya jumlah nasabah yang menjadi peserta program loyalty 'Batara Spektra'.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, program loyalty itu berhasil menggaet antusiasme nasabah. Adapun jumlah nasabah yang telah melakukan registrasi untuk maraih hadiah utama mencapai 391.869 nasabah.

"Angka partisipasi nasabah Bank BTN dalam program Batara Spekta tersebut melonjak 222 persen dibandingkan periode sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa nasabah makin setia menabung di Bank BTN," ujar dia, dalam keterangannya, Senin (7/3/2022).

Baca juga: BTN Targetkan Laba Bersih Naik hingga 13 Persen Tahun Ini

Menurut Haru, kesuksesan program Batara Spekta dalam menggaet nasabah tidak lepas dari peran nasabah eksisting yang mengandalkan produk BTN untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka, seperti tabungan, transaksi menggunakan kartu debit BTN, aplikasi mobile banking BTN, dan sebagainya.

"Karena itu program Batara Spekta memberikan banyak apresiasi kepada nasabah, misalnya penukaran poin spekta dengan voucer belanja dan pengundian bertahap untuk hadiah-hadiah yang menarik,” kata dia.

Haru menambahkan, karena  tingginya animo peserta program Batara Spekta, perseroan berencana menggelar kembali program serupa dengan fitur dan hadiah yang lebih menarik.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Distribution & Funding BTN, Jasmin menjelaskan, program Batara Spekta yang kali pertama diluncurkan pada bulan September 2020 berhasil menggaet lebih dari 1 juta nasabah baru dan meningkatkan saldo tabungan.

Baca juga: Mantan Komut Jiwasraya Diangkat Jadi Komisaris Independen di BTN

Peningkatan itu terutama disumbang dari para nasabah yang telah melakukan registrasi untuk memperebutkan hadiah utama.

“Rata-rata nasabah meningkatkan saldonya untuk memperbesar peluang mereka meraih hadiah utama, alhasil saldo dari nasabah yang terregistrasi meningkat lebih dari 250 persen,” katanya.

Jasmin menjelaskan, sejalan dengan misi BTN untuk meningkatkan porsi dana murah maka program Batara Spekta akan terus dilanjutkan dengan mengembangkan aplikasi khusus program Batara Spekta.

Adapun pada tahun ini, BTN menargetkan Dana Pihak Ketiga tumbuh 9-11 persen dengan sejumlah strategi selain menggelar program Batara Spekta,  di antaranya, yaitu memacu pembukaan rekening tabungan bisnis dengan target ekosistem perdagangan, meningkatkan fitur mobile banking dan penggunaan EDC.

Selain itu, bank dengan kode emiten BBTN itu akan meningkatkan kerja sama dengan merchant untuk mendongkrak transaksi nasabah, meningkatkan pengguna aktif kartu debit  melalui program promo, partnership dan massive marketingMeningkatkan volume transaksi kartu debit melalui program promosi  dan lain sebagainya.

“Dengan pengembangan program tabungan,  kami berharap Bank BTN tidak hanya dikenal sebagai Bank KPR tapi juga seperti namanya yaitu sebagai  Bank Tabungan yang dipercaya nasabah,” ucap Jasmin.

Baca juga: Pengumuman, BTN Bakal Bagikan Dividen Rp 237,6 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com