Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Soft Skill yang Perlu Dimiliki Para Pekerja

Kompas.com - 09/03/2022, 08:28 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi membuat banyak perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya. Namun tak dipungkiri juga, ada saja perusahaan yang justru membutuhkan tambahan karyawan untuk dipekerjakan.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan selama pandemi ini, perlu meng-update skill sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

HR Director of Blue Bird Group Pambudi Sunarsihanto mengatakan, salah satu skill yang harus dimiliki pekerja adalah komunikasi yang baik.

Ia menjelaskan dalam berkomunikasi yang baik mencakup kemampuan mendengarkan dengan baik serta mampu menyampaikan gagasan dan ide yang dibutuhkan.

Baca juga: BUMN Waskita Karya Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 hingga S2, Ini Syaratnya

"Skill kedua yang harus dimiliki adalah adaptif atau bisa beradaptasi dengan baik. Apalagi di masa pandemi ini, calon karyawan harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahaan yang ada dengan cepat," ujarnya dalam jumpa pers peluncuran KT 300 Club secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Soft skill yang ketiga adalah memiliki kerja tim yang baik. Menurutnya, tak ada satupun perusahaan yang bisa sukses dengan bekerja seorang diri. Oleh sebab itu kata dia, diperlukan kerja sama tim untuk bisa mencalai tujuan perusahaan.

Soft skill yang keempat adalah leadership atau kepemimpinan.

"Dibutuhkan skill kepemimpinan yang bukan hanya memimpin tapi bisa memmpengaruhi stakeholder untuk mencapai tujuan bersama, serta bisa memotivasi anggota kelompoknya," paparnya.

Baca juga: Rusia Sebut Embargo Minyak oleh Negara Barat Bakal Bawa Bencana bagi Pasar Global

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com