Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja? Buruan Beli Pelatihan Supaya Dapat Insentif

Kompas.com - 09/03/2022, 21:40 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 23? Segera beli pelatihan sebelum batas waktunya berakhir.

Perlu kamu tahu, pembelian pelatihan pertama hanya berlaku hingga 30 hari sejak kamu ditentukan lolos seleksi. Membeli pelatihan selama 30 hari ke depan berpengaruh pada cair atau tidaknya insentif Rp 600.000/bulan.

Jika tidak membeli pelatihan, siap-siap namamu akan di-blacklist dari kepesertaan. Artinya, kamu pun tidak bisa menerima insentif seperti yang dijanjikan pemerintah.

"30 hari adalah batas pembelian pelatihan sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Jangan sampai kelewatan ya karena setelah itu sobat tidak akan bisa membeli pelatihan lagi," tulis manajemen Kartu Prakerja dalam Instagram @prakerja.go.id, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Segera Cek, Daftar Peserta yang Lolos Kartu Prakerja Gelombang 23

Cara beli pelatihan

Ada 7 platform pelatihan yang sudah menjalin kerja sama dengan Kartu Prakerja, yaitu Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia. Kamu bisa memilih pelatihan di salah satu platform.

Gunakan 16 angka nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan. Keenam belas digit angka tersebut bisa kamu cek di dashboard Prakerja.

Belilah menggunakan saldo pelatihan yang disediakan manajemen. Saat ini, manajemen secara bertahap mengirimkan dana pelatihan kepada peserta yang lolos seleksi.

"Pastikan sobat memilih pelatihan secara seksama karena kesempatan untuk mengikuti program ini hanya satu kali saja," sebut Prakerja.

Jika mengalami kendala atau ada pertanyaan, kamu juga bisa menghubungi kontak mitra pelatihan. Jika memilih pelatihan di Bukalapak, maka kamu bisa hubungi 150133, Kemnaker 1500630, Mau Belajar Apa di 08118807172, Pijar Mahir 082111113630, Pintaria di www.pintaria com, Karier.mu Sekolah.mu di 081315792171, dan Tokopedia www.tokopedia.com/help. Kamu pun bisa menghubungi Kartu Prakerja di 08001503001.

Untuk lebih jelas, simak begini cara beli pelatihannya.

1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan yang sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di platform mitra

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

4. Beli pelatihan dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja

Baca juga: Sepak Terjang Doni Salmanan yang Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara Akibat Investasi Bodong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com