Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Ma'aruf Minta Pengusaha Jangan Ekspor Bahan Pangan Pokok

Kompas.com - 11/03/2022, 13:40 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para pengusaha untuk tidak melalukan ekspor bahan pangan pokok sepanjang kebutuhan dalam negeri belum tercukupi.

"Kita harus mementingkan kebutuhan dalam negeri dulu untuk tercukupi bahan pangannya. Saya minta ke semua pengusaha tidak melakukan ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri belum tercukupi," ujar Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat mengunjungi kompleks pergudangan modern Perum Bulog di kawasan Kepala Gading, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Wapres Apresiasi Teknologi Pangan Bulog, Harap Ketersediaan Beras Tercukupi dalam Jangka Panjang

Lebih lanjut Wapres menjamin kebutuhan stok pangan tercukupi dan tersedia selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

Sebab, kata dia, berdasarkan hasil kunjungannya ke Kementerian Pertanian yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dan ke kantor gudang Bulog, stok daging dan komoditas lainya tercukupi.

"Kita sudah lihat sendiri saat ini bagaimana Perum Bulog mampu menyediakan kebutuhan pokok khususnya beras dan daging yang ditugaskan pemerintah dalam jumlah yang cukup atau aman. Stok pangan ini juga tersedia merata di semua unit gudang Bulog di seluruh Indonesia," kata Ma'ruf Amin.

"Kemudian menjelang Puasa dan Idul Fitri stoknya juga betul-betul terjamin. Kalau ketersediaan beras dan daging aman, maka masyarakat tidak perlu khawatir," sambung Ma'aruf.

Baca juga: Mendag Sebut Minyak Goreng Sudah Terdistribusi di Pasar Tradisional, APPSI: Kondisi Riil di Lapangan Itu Tidak Ada

Sementara itu, Dirut Perum Bulog Budi Waseso ata panggilan akrabnya Buwas, mengamininya.

Buwas mengatakan, stok beras selama bulan Ramadhan nanti tercukupi lantaran pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang akan melakukan panen padi.

"Khusus untuk masalah beras kita jamin karena sudah kita petakan wilayah yang akan panen. Komitmen ini kami tegaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dulu, makanya kami juga komitmen untuk tidak melakukan ekspor beras bilamana kebutuhan dalam negeri belum tercukupi," pungkasnya.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Bandung Mulai Rp 100 Jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com