Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!

Kompas.com - 15/03/2022, 15:30 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan, pekerja kantoran, serta pegawai negeri sipil (PNS).

Adanya penghasilan tambahan sangat berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan dan menambah tabungan karyawan.

Mereka bisa mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis atau kegiatan sampingan yang mendatangkan cuan.

Namun, mencari penghasilan tambahan bukanlah perkara mudah. Karyawan atau PNS yang bekerja full-time harus mengemban tanggung jawab di kantor yang tidak bisa ditinggalkan.

Baca juga: Mau Dapat Penghasilan Tambahan Lumayan? Ini Ragam Bisnis yang Bisa Dicoba

Oleh karenanya, karyawan atau PNS yang bekerja full-time perlu menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum fokus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber, berkut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan karyawan atau PNS terlebih dahulu sebelum mencari penghasilan tambahan.

1. Disiplin manajemen waktu

Karyawan yang bekerja di kantor harus bisa melakukan manajemen waktu yang tepat serta disiplin agar bisnis sampingan bisa berjalan dengan baik.

Bisnis sampingan bisa dikerjakan pada malam hari ketika karyawan bekerja dari pagi hingga sore.

Buat schedule atau jadwal setiap harinya agar pekerjaan utama tidak terganggu. Pastikan juga untuk mematuhi jadwal yang dibuat agar aktivitas tidak berantakan.

Baca juga: Gaji Bulanan Masih Kurang? Ini Tips Dapatkan Penghasilan Tambahan

2. Siap capek

Mencari uang tambahan merupakan hal yang melelahkan dan menguras energi. Sebab, karyawan kantor akan melakukan pekerjaan yang lebih atau ekstra, baik dari segi waktu maupun tenaga.

Karenanya, pastikan untuk menjaga kesehatan dan menguatkan tekad agar komitmen mencari penghasilan tambahan bisa dipegang teguh.

3. Riset lewat internet

Internet banyak menyediakan berbagai peluang yang membantu karyawan full-time mendapatkan penghasilan tambahan.

Manfaatkan internet dengan baik dan kreatif untuk menggali berbagai informasi terkait cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga: Syarat dan Cara Jadi Mitra GrabKios untuk Dapat Penghasilan Tambahan

Meski demikian, pastikan untuk double crosscheck informasi tersebut secara saksama. Sebab, saat ini cukup banyak kasus penipuan berkedok cara mendapatkan penghasilan tambahan di internet.

4. Manfaatkan aset

Tidak perlu aset yang besar untuk mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan. Smartphone yang dimiliki bisa menjadi aset besar jika dimanfaatkan dengan baik untuk mencari cuan.

Contohnya dengan menjalankan bisnis atau usaha online, menjadi admin sosial media secara freelance, berjualan game online, hingga dropshipper.

Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone.

Baca juga: Mau Penghasilan Tambahan dari BCA Life? Simak Cara Mudah Berikut Ini

5. Dalami hobi dan keahlian

Cukup banyak orang yang belum menyadari bahwa hobi atau keahlian yang dimiliki bisa menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya seorang karyawan yang punya keterampilan make-up artist (MUA) bisa membuka bisnis sampingan saat waktu luang atau ketika tidak bekerja full-time.

Contoh lainnya adalah bagi yang memiliki hobi fotografi bisa memanfaatkan keterampilannya untuk membuka jasa foto atau menjadi fotografer lepas.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan

Penghasilan tambahan dapat memberikan sejumlah manfaat, salah satunya menambah tabungan.DOK. Pexels/cottonbro Penghasilan tambahan dapat memberikan sejumlah manfaat, salah satunya menambah tabungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com