Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life: Ada Perbedaan Persepsi Masyarakat Tentang Unit Link

Kompas.com - 15/03/2022, 17:20 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (paydi) atau unit link masih menuai sentimen negatif dari masyarakat.

Padahal, PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatat, perolehan premi bruto untuk asuransi unit link capai Rp 18,4 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 12,7 persen year on year.

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia Karin Zulkarnaen bilang, keluhan terhadap beberapa produk unit link terjadi karena ada perbedaan persepsi masyarakat tentang produk unit link.

Baca juga: Produk Unit Link Allianz Life Sumbang 93,1 Persen dari Total Premi

Oleh karena itu, pihaknya selalu mengkomunikasikan produk unit link yang ditawarkan kepada calon nasabah dengan jelas. Ia bilang, perusahaan akan memastikan calon nasabah memahami, baik dari segi produk, biaya, dan risiko fund.

"Nasabah juga bisa bertanya pada tenaga pemasar atau membaca melalui website kita. Tujuannya, agar calon nasabah paham, misalnya jenis fund yang dapat dipilih," ungkap dia dalam media berifing Selasa (15/3/2022).

Ia membeberkan, pada saat membeli nasabah tentu sudah mendapatkan penjelasan. Namun, biasanya nasabah tidak membaca terlebih dahulu polis yang mereka terima.

Baca juga: Aturan Unit Link OJK Tak Kunjung Keluar, Allianz Life Sudah Terima Rancangan

Toh menurut dia, kalau nasabah merasa tidak cocok atau kurang mendapat manfaat. Nasabah dapat membatalkan polis dalam masa free look.

"Free look itu masa untuk nasabah melihat, kalau tidak sesuai bisa mendapatkan preminya kembali," terang Karin.

Asal tahu saja, Allianz Life mencatat produk unit link menyokong 93,1 persen dari total premi yang dikumpulkan perusahaan pada tahun 2021.

Produk unit link menyumbang sebanyak Rp 18,4 triliun dari total pendapatan premi sebanyak Rp 19,7 triliun pada tahun 2021.

Baca juga: Calon Nasabah Unit Link Punya Waktu Free Look Polis, PAAI: Asuransi Itu Bukan Nabung, tapi Proteksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com