Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker Minta Kadin Dukung Presidensi G20: Wadah Para Pengusaha Dorong Daya Saing

Kompas.com - 16/03/2022, 21:43 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia ikut mendukung dan berkolaborasi untuk menyukseskan perhelatan G20 di tahun ini.

Pasalnya Presidensi G20 Indonesia, merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar lagi bagi pemulihan ekonomi dunia, membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan.

Ida bilang, peran Kadin Indonesia sebagai wadah para pengusaha dibidang ketenagakerjaan akan mendorong peningkatan daya saing industri nasional yang pada gilirannya akan menjadi sektor penggerak utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir Bertemu Tony Blair, Bahas Peran dan Kontribusi BUMN dalam Presidensi G20

"Saya meyakini perhelatan G20 ini selaras dan sangat membantu kita dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) maupun global. Kita harus menyadari bahwa PEN kita, juga tidak bisa dilakukan tanpa adanya pemulihan ekonomi dalam skala global," kata dia saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kadin Indonesia Bidang Ketenagakerjaan, di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

"Saya yakin Rakernas ini, akan berkontribusi sangat besar pada pembangunan ketenagkerjaan di Indonesia sejalan dengan tema Rakernas yaitu Penguatan Program Kerja Bidang Ketenagakerjaan Kadin Indonesia," lanjut Ida.

Lebih lanjut kata dia, saat ini Kemenaker juga tengah gencar mendorong melakukan sosialisasi agar perusahaan segera membuat dan menerapkan struktur struktur dan skala upah bagi pekerja dengan masa kerja lebih dari 1 tahun sesuai dengan kinerja pekerja/buruh dan kemampuan perusahaan.

"Hal ini dilaksanakan dalam upaya mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing perusahaan yang akhirnya akan memberi manfaat bagi seluruh pekerja di perusahaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Kemnaker mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, terutama bersinergi secara bisnis (B20).

"Harapan kami antara G20 dan B20 dapat bersinergi. Karena di G20 kebijakan, di sini (B20) bicara implementasi dan bagaimana membuat contoh konkrit yang kita lakukan," ujarnya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Dipermak Sambut G20, Bakal Jadi Seperti Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com